Kamis, 29 Februari 2024

Jalan Santai IKDST di Jakarta Berlangsung Sukses

IKDST - Ketua Umum IKDST Mulyadin Malik saat melepas peserta fun walk (jalan santai), Ahad, 1 Oktober 2023 di Jakarta | Foto: Arfan Mantemas/kaidah

JAKARTA, KAIDAH.ID – Ratusan warga Sulawesi Tengah (Sulteng) se Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi) terlihat sumringah. Semuanya berkumpul penuh gembira, merayakan satu tahun kelahiran Ikatan Keluarga Diaspora Sulteng (IKDST), pada Ahad, 1 Oktober 2023 pagi.

Acara tersebut diawali dengan jalan santai IKDST untuk mempromosikan Sulawesi Tengah Negeri Seribu Megalit yang akan dicanangkan oleh Gubernur Sulteng pada 10 Oktober 2023 di Desa Kolori, Kecamatan Lore Barat, Kabupaten Poso nanti.

Ketua Panitia Arfan Mantemas mengatakan, selain jalan santai IKDST, acara tersebut juga diisi dengan doa bersama, untuk mengenang korban gempa, tsunami dan likuefaksi Palu, Sigi, Donggala 28 September 2018 silam, tari dero di kawasan Monas dan bazar makanan.

“Perayaan Satu Tahun IKDST juga untuk mempererat silaturahmi masyarakat Sulteng di perantauan,” kata Arfan Mantemas.

Menurutnya, acara tersebut juga, sebagai wujud dari peran aktif IKDST untuk membantu Pemerintah Provinsi Sulteng, dalam menggerakan kegiatan sosial, budaya, pariwisata dan industri kreatif dan UKM Sulteng.

Sementara itu, Ketua Umum IKDST Mulyadin Malik mengatakan, acara tersebut menjadi bukti nyata bahwa semangat kebersamaan, kepedulian, dan kecintaan kita terhadap tanah kelahiran terus berkobar di hati setiap keluarga diaspora Sulteng.

“Jalan Santai yang kita selenggarakan hari ini, bukan sekadar rangkaian kegiatan olahraga sehat, tetapi juga sebuah momentum yang sangat berarti dalam memperkuat ikatan kita sebagai warga diaspora Sulawesi Tengah,” katanya di sela-sela jalan santai tersebut.

Menurut Mulyadin, acara ini menjadi kesempatan luar biasa untuk merasakan kehangatan persaudaraan, berbagi cerita, dan merayakan warisan budaya Sulteng yang begitu kaya.

“Kami yakin, semangat kebersamaan seperti ini akan memperkuat jaringan diaspora Sulteng dan memotivasi kita untuk berkontribusi lebih dalam pembangunan daerah kita,” terangnya.

Kepedulian diaspora Sulteng terhadap daerah tumpah darahnya, juga tercermin dalam upaya kita untuk mendukung berbagai program sosial dan kemanusiaan yang melibatkan keluarga diaspora Sulteng.

Ketua Umum KONI Sulteng Nizar Rahmatu menyampaikan terima kasih atas dukungan perantau Sulteng di Jabodetabek.

Selain mendukung promosi Sulteng Negeri Seribu Megalit, Nizar juga berharap agar IKDST dapat memberikan dukungan terhadap atlet-atlet Sulteng yang akan berlaga pada Pekan Olahraga Nasional (PON) di Aceh nanti.

“Paling tidak, dukungan dengan memberikan semangat kepada para atlet Sulteng di PON nanti,” pintanya.

Acara tersebut, mendapat dukungan dari anggota DPR Anwar Hafid, Kepala Dinas Pariwisata Sulteng Diah Agustina Entoh, Direkturt MUTU Arifin Lambaga, calon anggota DPD AM Akbar Supratman dan beberapa sponsor lainnya. (*)