Kamis, 29 Februari 2024

Kunker di Kota Palu, Berikut Agenda Wapres RI

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin | Foto: ist

PALU, KAIDAH.ID – Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) KH Ma’ruf Amin tiba di Kota Palu, pada Selasa 3 Oktober 2023 dengan menggunakan Pesawat Khusus Kepresidenan Boeing 737-400 TNI AU.

Wapres RI berserta istri Wury Ma’ruf Amin dan rombongan lepas landas dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma menuju Bandar Udara Mutiara SIS Al-Jufrie, Palu, Sulawesi Tengah, pada pukul 10.30 WIB.

Setelah menempuh penerbangan selama 2 jam 30 menit, Wapres RI tiba di Palu pada pukul 14.00 WITA dan disambut oleh Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura beserta Ibu Vera Rusdy Mastura dan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah beserta pendamping masing-masing.

Setelah beristirahat sejenak di ruang tunggu utama, Wapres dengan didampingi oleh Gubernur Sulteng menuju Kantor Gubernur Sulawesi Tengah.

Di tempat ini, Wapres menghadiri acara Pengukuhan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Sulawesi Tengah.

Selanjutnya, Wapres akan membuka secara resmi Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Afirmasi Percepatan Pembangunan Daerah Tertingal (PPDT) dan soft launching Sulawesi Tengah sebagai Negeri Seribu Megalit di Swiss-Bel Hotel Silae Palu.

Di tempat ini, Wapres akan menyerahkan Sertifikat Penghargaan atas Upaya Pengentasan Daerah Tertingal untuk Pembangunan Percepatan Daerah Tertinggal kepada 9 penerima, yang terbagi dalam 3 kategori, yaitu Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah Provinsi, dan Pemerintah Daerah Kabupaten.

Sementara pada hari kedua, Rabu 4 Oktober 2023, sekira pukul 09.10 Wita, Wapres akan bertolak ke Kawasan Pangan Nusantara di Desa Talaga, Kabupaten Donggala, dengan menggunakan Helikopter VVIP Kepresidenan Super Puma.

Di KPN Desa Talaga, Wapres melakukan Peresmian dan Penanaman Perdana Kawasan Pangan Nusantara. Di kawasan ini, Wapres diagendakan akan melakukan penanaman perdana pohon durian, varietas Durian Montong.

Wapres dijadwalkan kembali ke Jakarta di hari yang sama pada pukul 12.30 WITA.

Hadir mendampingi Wapres dalam kunjungan kerja ini, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika.

Ikut pula Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing Guntur Iman Nefianto, Deputi Bidang Administrasi Sapto Harjono W.S., Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi.

Menurut catatan dari Sekretariat Wapres, Staf Khusus Wapres Bidang Penanggulangan Kemiskinan dan Otonomi Daerah M. Imam Azis, dan Tim Ahli Wapres Farhat Brachma juga turut dalam rombongan. (*)