Kamis, 29 Februari 2024

Sah! Wapres Resmikan Kawasan Pangan Nusantara di Sulteng

Wapres KH Ma'ruf Amin meresmikan Kawasan Pangan Nusantara di Desa Talaga, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, rabu, 4 Oktober 2023 | Foto: Setwapres

PALU, KAIDAH.ID – Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin meresmikan Kawasan Pangan Nusantara (KPN) di Desa Talaga, Kecamatan Dampelas, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Rabu, 4 Oktober 2023.

KPN tersebut tercatat seluas 1.123 hektare, dengan luas efektif untuk ditanami 800 hektare,tersebar di tiga desa terdekat, yakni Talaga, Sabang dan Desa Kambayang.

Peresmian KPN tersebut, merupakan bentuk komitmen pemerintah, untuk memewujudkan ketahanan pangan nasional, dan Sulteng sebagai lumbung pangan.

“Kawasan Pangan Nusantara ini diproyeksikan dapat memberi nilai tambah bagi Sulawesi Tengah, yang berkedudukan sebagai daerah penyangga IKN di Kalimantan Timur,” begitu laporan Gubernur Rusdy Mastura kepada ke Wapres KH Ma’ruf Amin.

Gubernur juga memohon dukungan pemerintah pusat untuk pembangunan jalan bypass Tambu-Kasimbar, pembangunan pelabuhan di Tambu, serta pelabuhan di Kasimbar agar terkoneksi dengan KPN.

“Semoga dapat memicu pertumbuhan dan pemerataan ekonomi regional di Kawasan Timur Indonesia,” harap gubernur.

Sementara Wapres K.H Ma’ruf Amin menyambut baik KPN tersebut, yang ikut menegaskan urgensi kawasan ini, sebagai penyokong kebutuhan pangan IKN dengan Sulteng sebagai daerah penyangganya.

Untuk itu, Wapres menekankan pentingnya kerjasama multipihak, supaya kehadiran KPN bisa optimal dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional.

“Saya minta ada kerja sama dan sinergitas multipihak, khususnya untuk mendukung suplai pangan ke IKN,” tegas Wapres.

Pada kesempatan peresmian itu, Wapres juga menyerahkan peralatan pertanian, sertifikat lahan kepada petani dan menanam pohon durian varitas unggul jenis MK hortimart.

Turut mendampingi Wapres K.H. Ma’ruf Amin, Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika dan beberapa deputi dari kementerian terkait.

Sementara dari unsur pimpinan daerah, dihadiri Bupati Donggala Kasman Lassa, Sekdaprov Sulteng Novalina, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Rudi Dewanto, dan Tenaga Ahli Gubernur Ridha Saleh serta pejabat lainnya. (*)