Senin, 22 April 2024

Begini Agenda Rahmad M Arsyad, Jika Dipercaya Memimpin Donggala

Rahmad M. Arsyad | Foto: ist

DONGGALA, KAIDAH.ID – Ketua Kadin Donggala Rahmad M Arsyad menjelaskan, tingginya angka kemiskinan, masalah pendidikan, pengembangan entrepreneur digital bagi kaum muda, dan stunting serta pemberdayaan perempuan masih menjadi masalah serius di Kabupaten Donggala.

Persoalan-persoalan itu, kata Rahmad, memerlukan langkah konkret bagi calon pemimpin Donggala ke depan, untuk dapat mengatasinya.

Oleh karena itu, Rahmad mengatakan, langkah pertama yang akan ia lakukan jika menjadi pemimpin Donggala nanti, adalah berfokus pada program pertanian, perkebunan dan kelautan seperti yang sudah ia jalankan selama ini sebagai Ketua Kadin, yakni program budi daya jagung.

Dia merinci, jika satu badan usaha milik desa (bumdes) mengelola 10 hektare lahan kebun jagung dengan produktivitas 7 ton, maka ada 70 ton hasil produksi.

Hasil itu dikalikan harga dengan jagung Rp5 ribu per kilogram, maka satu bumdes akan menghasilkan Rp350 juta, dikalikan 100 desa saja, bisa menghasilkan sekira Rp350 miliar.

“Begitu juga pada sektor kelautan dan budidaya perikanan dan tambak,” katanya.

Langkah konkret kedua, jelas Ketua MD KAHMI Donggala itu, akan mengusahakan beasiswa pendidikan bagi mahasiswa Donggala di universitas ternama di Indonesia.

“Urusan pendidikan itu menjadi komitmen saya. Sejak SMA, saya sudah yatim piatu, saya sekolah hanya mengandalkan beasiswa, karena itu, saya tidak ingin adik-adik saya dari Donggala tidak melanjutkan ke bangku kuliah bhanya karena kendala biaya,” katanya.

“Saya tau rasanya susah ketika sekolah. Saya sudah merasakan denyut nadi kesusahan itu sejak masih sekolah,” lanjut Rahmad M Arsyad.

Oleh karena itu, Rahmad menyatakan, ia akan berkomitmen meningkatkan program 1000 entrepreneur digital, seperti yang sudah dilakukan saat ini melalui aplikasi Draiv Donggala.

Rahmad memaparkan langkah konkret ketiga, yaitu program penurunan stunting dan perlindungan 1.000 hari usia emas bagi kaum ibu.

“Itu akan menjadi salag satu konsen saya. Termasuk serta jaminan pangan bagi orang tua tunggal, terutama para janda, menjadi salah satu aspek yang akan menjadi perhatian saya,” paparnya.

“Insya Allah, itu bisa kita wujudkan bersama, jika saya dipercayakan menjadi pemimpin di Kabupaten Donggala berikutnya,” tutup Rahmad M Arsyad. (*)