Senin, 20 Mei 2024

Haul Pendiri Alkhairaat: FKUB Sulteng Libatkan Pemuda-Pemudi Lintas Agama Layani Minuman Gratis

FKUB Sulteng menggandeng pemuda-pemudi lintas agama melayani minuman gratis kepada tamu Haul Pendiri Alkhairaat, Saiyid Idrus bin Salim Aljufri, Ahad, 21 April 2-24 | Foto: Amat Hajiji

PALU, KAIDAH.ID – Pada momentum Haul Pendiri Alkhairaat, Saiyid Idrus bin Salim Aljufri 2024 ini, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menggandeng pemuda-pemudi lintas agama untuk melayani para tamu yang hadir di Kompleks Alkhairaat, Jalan SIS Aljufri Palu, Ahad, 21 April 2024.

FKUB Sulteng bersama pemuda lintas agama mendirikan posko minuman gratis, dalam pelayanan kepada tamu-tamu Haul Guru Tua,” kata Sekretaris FKUB Sulteng Munif Aziz Godal.

FKUB Sulteng bersama pemuda dari Hindu, Budha, Protestan, Katolik, Islam, dan Kristen Bala Keselamatan, memberikan pelayanan 10.000 paket minuman secara gratis berupa kopi, teh, sirup, dan air mineral, yang berlangsung di Posko FKUB Sulteng depan Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Palu.

Pantauan di lapangan, pemberian pelayanan minuman gratis berlangsung mulai pukul 08.30 Wita dan berakhir pukul 12.00 Wita. Tampak para tamu haul berdesakan mengantre minuman yang disediakan FKUB Sulteng tersebut.

Munif Aziz Godal menerangkan, pemberian minuman secara gratis merupakan wujud kontribusi nyata FKUB Sulteng dalam pelaksanaan Haul Guru Tua 2024 ini.

“Ini juga menjadi salah satu bentuk sosialisasi dan pendidikan mengenai toleransi umat beragama dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” katanya.

Munif menegaskan, pelayanan minuman gratis dari FKUB dengan melibatkan pemuda lintas agama, bukanlah pencitraan tetapi wujud perhatian dan kepedulian sosial umat beragama terhadap para tamu Haul Pendiri Alkhairaat.

“Semua agama mengajarkan kepada pemeluknya untuk saling menghargai, saling menyayangi, mengasihi dan mengayomi antara satu dengan yang lainnya. Inilah yang diimplementasikan oleh FKUB dan pemuda lintas agama,” katanya.

Sementara itu, Ketua FKUB Sulteng KH Zainal Abidin menyatakan, Haul Pendiri Alkhairaat menjadi momentum yang tepat untuk merekatkan dan menguatkan hubungan persaudaraan antarsesama pemeluk agama.

“Oleh karena itu, pemberian minuman gratis merupakan media simbolis yang substansinya adalah untuk merekatkan hubungan sesama pemeluk agama dari semua agama,” terangnya.

KH Zainal Abidin mengatakan, kegiatan pemberian pelayanan minuman secara gratis kepada tamu Haul Guru Tua, yang melibatkan pemuda lintas agama, akan menjadi satu kegiatan prioritas yang dilaksanakan oleh FKUB dan pemuda lintas agama setiap tahun.

“Jika pada tahun ini FKUB dan pemuda lintas agama hanya memberikan minuman, Insya Allah di tahun-tahun akan datang, FKUB dan pemuda lintas agama berkat dukungan dari semua tokoh agama, akan memberikan makanan gratis selain minuman,” ungkapnya.

Ia berharap umat beragama terus memperkuat kebersamaan, untuk membangun solidaritas kebangsaan, demi menopang pembangunan kerukunan dan perdamaian nasional. (*)

Penulis: Muhammad Hajiji
Editor: Ruslan Sangadji