Jumat, 12 April 2024

Trend Warga Positif Korona di Sulteng Terus Menurun

Sumber data: Pusdatina Covid-19 Provinsi Sulawesi Tengah

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulteng, Reny A. Lamadjido berharap, angka positif covid-19 di daerah ini tidak akan meningkat drastis lagi, bahkan bisa sampai mencapai nol kasus. Lantaran itu, dia mengingatkan agar warga yang baru kembali dari bepergian ke luar daerah, untuk patuh menjalankan prosedur karantina seperti yang disyaratkan.

“Benar kata Pak Gubernur, kuncinya memang pada patuh tidaknya masyarakat saja. Kalau kita patuh dengan prosedur dan protokol kesehatan dengan baik, niscaya kita akan melewati semua ini dengan baik,” ujarnya.

Pantauan Kaidah.id terhadap beberapa warga yang baru kembali dari Jakarta, tidak menjalankan protokol kesehatan yang diatur. Seharusnya mereka menjalani karantina, paling tidak karantina di rumah. Namun yang terjadi, mereka justru tetap beraktivitas di luar, bahkan ikut nongkrong di warung kopi.

“Seharusnya yang baru pulang dari Jakarta, Makassar dan beberapa daerah lain itu tetap saja di rumah, karantina mandiri seharusnya. Daya tahan tubuh mereka mungkin kuat, tetapi belum tentu bagi yang lain. Yang baru pulang itu kan disebut carrier atau pembawa penyakit,” kata Direktur Rumah Sakit Anutapura Palu, Dokter Herry Mulyadi, Ahad 21 Juni 2020. *