Anak Palu Dilantik Sebagai Salah Satu Direktur di Kementerian Parekraf

  • Bagikan
Amin Abdullah saat berbincang bersama Menteri Parekraf, Sandiaga Uno usai pelantikannya sebagai Direktur Musik, Film dan Animasi | Foto: Facebook Amin Abdullah/Kaidah

PALU, KAIDAH.ID – Salah seorang seniman dan budayawan asal Palu, yang bekerja di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Amin Abdullah, kini punya jabatan baru di kementerian yang dipimpin Sandiaga Salahuddin Uno itu. Ia dilantik  pada Rabu 5 Mei 2021.

“Hari ini saya dilantik menjadi Direktur Musik, Film dan Animasi. Saya dilantik oleh Mas Menteri Sandiaga Uno,” kata Amin Abdullah di akun pribadi Facebook, 5 Mei 2021 sore.

Menurut Amin Abdullah, Menteri Sandiaga Uno sangat bersahaja ketika berbincang dengannya. Banyak memberikan motivasi agar menjalankan tugas dengan baik.

“Mas Menteri Sandiaga itu atasan yang sangat bersahaja sehingga rasanya seperti teman pemberi motivasi,” kata Amin Abdullah yang pernah bertugas di Dinas Pariwisata Provinsi Sulteng itu.

Usai pelantikan, Amin Abdullah menerima pesan dari Wakil Menteri Parekraf, Angela Tanoesudibjo | Foto: Facebook Amin Abdullah

Wakil Menteri Parekraf Angela Tanoesudibjo yang juga hadir dalam pelantikan itu mengingatkan, sekarang Amin Abdullah tidak hanya mengurusi musik saja, tapi juga mengurusi film. Pesan itu menjadi penting, karena sebelumnya Amin Abdullah menjabat  sebagai Direktur Musik, Seni Pertunjukan dan Penerbitan di Kementerian Parekraf.

Amin Abdullah memang salah seorang pekerja seni di Kota Palu. Ia  menyelesaikan pendidikan magisternya di Asian Studies, University of Hawaii di Manoa. Amin kemudian  mengembangkan Kakula menjadi sangat menarik. Ia memadukan musik tradisional ini menjadi lebih ngepop. Di Palu ia membentuk group musik kakula dengan nama Ensamble Modero Palu.

Di tangan Amin Abdullah,  Kakula tidak hanya dikembangkan di Palu, tapi juga diperkenalkan di Amerika, Amerika Latin dan Asia. Dengan penuh kesabaran, Amin Abdullah berhasil mengajak beberapa pekerja seni asal  Amerika, Argentina, Jepang, Vietnam dan juga Indonesia berkolaborasi memainkan Kakula dalam sebuah pertunjukan bernama The Hawai Kakula Ensemble.

Amin Abdullah membuat Kakula kreasi baru, namun tidak menggantikan kakula tradisi. Istilah kreasi baru digunakan untuk mengidentifikasi karya-karya baru yang diciptakan oleh komposer Indonesia. Itulah Amin Abdullah yang kini berkiprah di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Selamat !  (ochan)

  • Bagikan