PALU, KAIDAH.ID – Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama, Profesor Lukman Thahir, menyatakan mahasiswa memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas demokrasi, terutama dalam pemilihan kepala daerah.

Pernyataan ini disampaikan pada kegiatan pendidikan pemilih yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tengah, bekerja sama dengan UIN Datokarama, diikuti oleh mahasiswa penerima beasiswa KIP Angkatan 2024.

“Kita bersyukur, UIN Datokarama dilibatkan oleh KPU Sulteng dalam pendidikan pemilih ini,” kata Profesor Lukman, Senin, 28 Oktober 2024.

Rektor menyebutkan, empat peran utama mahasiswa dalam memperkuat demokrasi. Pertama, mengawal Pemilihan Serentak 2024 dengan mendorong masyarakat agar tidak golput. Kedua, menjadi relawan untuk menyosialisasikan pencegahan politik uang dan politik identitas. Ketiga, berani melaporkan kecurangan. Keempat, bertindak sebagai peneliti yang mengkaji efektivitas pemilu.

“Jika empat aspek ini dijalankan, mahasiswa UIN Datokarama akan menjadi garda depan dalam penguatan demokrasi di Sulteng,” tandas Rektor. (*)

Pewarta: Rexi
Editor: Muhammad Subarkah