Sabtu, 20 Juli 2024

Arti Nama Gibran Rakabuming Raka

Gibran Rakabuming Raka | Foto: ist

ARTI NAMA GIBRAN Rakabuming Raka. Banyak yang penasaran dengan arti dari nama putra tertua Presiden Joko Widodo dan ibu negara Iriana itu. Dalam sepekan ini, nama tersebut trending, tatapi jarang yang mau tau arti dari di balik nama itu.

Yang pasti, sama seperti orang tua lainnya, Jokowi dan Iriana memberikan nama Gibran Rakabuming Raka, karena berharap kelak anaknya menjadi orang yang berguna, paling tidak untuk dirinya sendiri dan keluarga.

Jokowi dan Iriana memberikan nama anak sulung itu Gibran Rakabuming Raka. Itu bukan nama sembarangan. Maknanya sangat luas. Punya makna filosofinya sangat dalam. Banyak orang tua memberikan nama anaknya Gibran, tapi tak semua bisa menamakan anaknya Gibran Rakabuming Raka.

Nama adalah doa. Ada seuntai doa dari Jokowi dan Iriana sehingga menamakan anak tertuanya itu, dengan Gibran Rakabuming Raka.

Lantas apa arti nama Gibran Rakabuming Raka. Dalam Bahasa Arab, Gibran berarti terpandai atau paling pandai. Akronim lainnya adalah gigih, atau bisa juga diartikan berani.

Mungkin banyak yang memberikan nama anaknya dengan Gibran saja. Atau ada yang menambahkan di belakangnya menjadi Gibran Naufal Rizal yang berarti anak laki-laki yang baik hati, dermawan, tampan dan selalu diberkati, hingga mampu menyatukan secara harmonis.

Ada juga yang menamakan anaknya dengan Gibran Arfan Alhusayn yang artinya anak laki-laki yang cerdas, tampan dan dapat menyatukan keluarga agar harmonis.

Gibran berarti terpandai, gigih atau berani. Sedangkan Rakabuming Raka, merupakan gabungan tiga kata berbeda, yakni ‘Raka’, ‘Bumi’, dan ‘Ing’. Dalam bahasa Indonesia, Raka berarti kakak laki-laki, Bumi berarti tanah, dan Ing merupakan Bahasa Jawa berarti ‘di’.

Maka jika Gibran Rakabuming Raka menjadi satu nama, dapat berarti ‘kakak laki-laki terpandai di bumi’. Atau ‘kakak laki-laki paling berani di bumi’. Atau bisa juga, ‘kakak laki-laki paling gigih di bumi’.

Begitulah kira-kira artinya dari nama Gibran Rakabuming Raka. (*)