Bentrok di Masjid Al Aqsha. Ini Sebabnya

  • Bagikan
Masjid Al Aqsha | Foto: usaidphotos is licensed under CC BY-NC-SA 2.0

YERUSSALEM, KAIDAH.ID  – Sejumlah media barat dalam dua hari terakhir ramai memberitakan serangan antara Israel  terhadap Palestina.  Umat Islam Palestina yang berada di dalam Masjid Al Aqsha diserang tentara Israel.

Sekitar 205 orang Palestina terluka karena serangan di Masjid Al Aqsha, Gerbang Damaskus, Kota Tua dan Sheikh Jarrah itu.

Masjid  Al Aqsha adalah kota suci ketiga di dunia bagi umat Islam. Tapi  Yahudi menyebutnya Temple Mount dan mengklaim sebagai situs dari dua kuil Yahudi pada zaman kuno.

Sejumlah media menulis, situasi yang memburuk di Yerussalem dalam beberapa pekan terakhir ini, karena polisi Israel memblokade tempat duduk di luar Gerbang Damaskus sejak awal Ramadhan lalu. Itulah yang melahirkan ketegangan.

“Kekerasan hanya akan melahirkan kekerasan. Segera hentikan bentrok sekarang,” desak Paus Fransiskus.

Bukan hanya itu, Pihak Israel yang melakukan ekspansi permukiman  di Tepi Barat Palestina, kemudian ada masalah juga di Syekh Jarrah, kawasan Yerusalem Timur.Di situ, banyak keluarga muslim Palestina yang sedang berjuang di pengadilan setempat, untuk mempertahankan  rumah mereka yang ingin direbut oleh pemukim Yahudi.

Ketegangan di Yerussalem itu, mmembuat sejumlah pihak bereaksi. Paus Fransiskus, menyerukan agar bentrokan itu segera diakhiri. Paus juga mengajak sejumlah pihak berkepentingan, agar mencari jalan keluar dari masalah itu, dan menghormati Kota Suci ketiga bagi umat Islam itu.

“Kekerasan hanya akan melahirkan kekerasan. Segera hentikan bentrok sekarang,” desak Paus Fransiskus.

Ketegangan di Masjid Al Aqsha ini, menyebar hingga ke Gaza Palestina. Tentara Hamas ikut membalas dengan menembak roket ke Israel bagian selatan. (ochan)

  • Bagikan