NU Ajak Umat Islam Bela Palestina

  • Bagikan
Ilustrasi situasi di Gaza, Palestina | Foto: Cau Napoli is licensed under CC BY-NC-SA 2.0

JAKARTA – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Said Aqil Siroj menegaskan, akan terus mendukung perjuangan Palestina melawan Zionis Israel yang terus menerus berusaha mencaplok wilayah Palestina.

“Pokoknya, sampai kapanpun juga, NU akan terus membersamai Palestina,” kata KH Said Aqil Siroj saat makan malam bersama Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al Shun di Jakarta, 13 Mei 2021 lalu.

Ketua Umum PBNU itu menilai, Palestina itu tidak pernah menyakiti siapapun juga di dunia ini. Palestina itu negara yang beradab, negara yang mulia dan ramah. Justru dengan sikap negara Palestina seperti itu sehingga mereka selalu didzalimo oleh Zionis Israel.

“Celakanya, negara-negara besar seperti Amerika, justru bersama-sama Israel. Mereka terus menyakiti Palestina, terus menjajah Palestina sampai sekarang,” tegas Pengasuh Pondok Pesantren al Tsaqofah ini.

Sikap PBNU itu membuat Duta Besar Palestina, Zuhair Al Shun terharu. Sikap konsisten NU yang terus mendukung kemerdekaan Palestina, membuktikan bahwa Palestina dan Indonesia adalah negara yang bersahabat, yang punya hubungan cinta, persaudaraan dan toleran.

“Demi Allah, kita adalah bangsa yang satu,” kata Zuhair Al Shun.

Kantor Pengurus Besar Nu di Jalan Kramat Raya, Jakarta | Foto Akhmad Fauzi is licensed under CC BY 3.0

Rais Aam PBNU, KH Miftachul Akhyar mengajak umat Islam di Indonesia dan dunia, agar bersatu mendukung Palestina.

Dalam webinar Koalisi Asia Pasifik Bela Al Quds dan Palestina, Kyai Miftah menegaskan, banyak pihak yang sedang menghalang-halangi semangat jihad Umat Islam membela Palestina.

“Indonesia itu punya semangat yang dengan Palestina. Indonesia punya rasa yang sama dengan Palestina. Kewajiban muslim adalah membela Palestina,” tegas KH Miftachul Akhyar.

  • Bagikan