Lapas Parigi Moutong Rusuh

  • Bagikan
KERUSUHAN - Kerusuhan terjadi di Lapas Parigi Moutong, Kamis 7 Oktober 2021 siang | Foto: tangkapan layar

PARIGI, KAIDAH.ID – Kerusuhan terjadi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Parigi Moutong di Parigi, Sulawesi Tengah (Sulteng), Kamis, 7 Oktober 2021 siang. Para narapidana atau warga binaan merusak sejumlah fasilitas, menguasai beberapa ruangan kantor Lapas dan mengancam membakar dokumen penting di lapas kelas tiga itu.

Kepala Lapas Parigi Moutong, Muhammad Askari Utomo, dan petugas lapas yang berusaha menenangkan para narapidana, disambut dengan lemparan batu dan botol.  

Polisi yang datang ke lokasi, berusaha mengambil alih situasi dengan melakukan tembakan peringatan ke udara. Tetapi para narapidana tidak menggubris peringatan polisi itu. Mereka terus mendesak dan menerobos gerbang utama menuju pintu keluar lapas.

Dari luar Lapas, terlihat ada asap hitam membumbung tinggi. Diduga para narapidana membakar sejumlah barang dan peralatan di dalam lapas. Selain petugas kepolisian yang siaga di luar lapas, mobil pemadam kebakaran juga telah bersiap untuk mengantisipasi situasi.

Belum ada keterangan resmi dari Kepala Lapas Parigi Moutong mengenai penyebab kerusuhan itu. Namun dari informasi yang beredar menyebutkan, para narapidana marah, karena tidak menerima tindakan salah seorang petugas yang dianggap semena-mena terhadap mereka. *

  • Bagikan