Senin, 22 April 2024

Bendera Palestina Boleh Berkibar di Piala Dunia U17

Bendera Palestina | Foto: anandolu

JAKARTA, KAIDAH.ID – Bendera Palestina boleh dikibarkan pada saat Piala Dunia U-17 pada 10 November hingga 2 Desember 2023 nanti di Indonesia.

“FIFA menghargai kebebasan berekspresi, apalagi pada perlindungan HAM dan kemanusiaan. Ini terutama dalam konteks pengibaran bendera Palestina. Tidak ada pelarangan apalagi sanksi,” kata Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Senin, 6 November 2023.

Piala Dunia U-17 akan berlangsung empat stadion, yaitu Jakarta International Stadium (JIS), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), dan Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya).

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengaku telah berkoordinasi dengan FIFA agar bendera Palestina diperbolehkan dikibarkan dalam kompetisi di bawah naungan FIFA.

Menurut Erick, FIFA tidak mempermasalahkan pengibaran bendera tersebut sebagai simbol dukungan pada kemanusiaan dan perlindungan HAM.

Sementara itu, Ketua Komite Hukum PSSI Ahmad Riyadh menegaskan, tidak melarang pengibaran bendera negara yang sedang dilanda perang itu.

“PSSI tidak memberi sanksi, karena ituadalah bentuk dari aspirasi,” katanya.

Riyadh mempersilakan suporter menyemarakkan solidaritasnya itu di bangku dan tribun stadion.

Layaknya apa yang terjadi di sejumlah liga dunia, suporter sepak bola membentangkan bendera dan spanduk dukungan pada nasib Palestina.

Namun Riyadh meminta agar tidak ada suporter yang melakukan pitch invasion atau menyerbu masuk ke lapangan.

“Pitch invasion tidak diperkenankan, karena melanggar peraturan dan keselamatan,” tandasnya. (*)