Selamat Jalan Para Prajurit Ibu Pertiwi

  • Bagikan
KRI Nanggala-402 saat sandar di Pangkalan TNI-AL Palu 2017 silam (Foto: ist)

KAPAL SELAM Nanggala-402 telah diketahui keberadaannya di kedalaman  sekitar 838 meter. Tercatat 52 Perwira dan Prajurit TNI serta seorang aparatur sipil negara telah menjadi syahid. Mereka gugur dalam medan tugas.  Innalillahi wainna ilaihi raji’un.

Saat konferensi pers di Base Ops Lanud Ngurah Rai, Badung, Bali, Ahad 25 April 2021, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono menjelaskan, KRI Nanggala-402 sudah ditemukan di perairan Bali bagian utara.

Kapal Singapura, MV Swift Rescue yang ikut dalam operasi pencarian KRI Nanggala0402 itu menemukan visual pada posisi 07 derajat 48 menit 56 detik selatan da 114 derajat 51 menit 20 detik timur, yakni dari datum satu, tempat subsunk KRI berjarak 1.500 yard ke selatan pada kedalaman 838 meter.

Menurut KASAL, kapal KRI Nanggala-402 itu, terbelah menjadi tiga bagian. Ada bagian-bagian yang terbuka dan berserakan, dan tidak terlalu jelas, karena posisi di dalam laut. Ada bagian belakang dan depan di luar badan tekan yang lepas.

“Yang masih utuh terjadi keretakan, karena kedalamannya yang sangat dalam jadi mengecil. Ada sedikit gambaran yang lepas ,seperti jangkar dan sebagainya,” kata Laksamana TNI Yudo Margono.

Di tengah duka, karena KRI Nanggala-402 subsunk (istilah yang biasa digunakan untuk kapal selam yang tenggelam), tiba-tiba ada lagi kabar duka yang lain. Komandan Badan Intelejen Negara Daerah (Kabinda) Papua, Brgijen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya, dikabarkan  meninggal dunia, karena kena tembak kelompok teroris bersenjata di Beoga, Kabupaten Puncak Jaya, Papua.

Dari berbagai peristiwa itu, kita diingatkan pada sebuah lagu yel-yel Prajurit TNI dalam setiap kesempatan. Berikut kutipannya:

Tinggalkan ayah tinggalkan ibu

Ijinkan kami pergi berjuang

Di bawah kibaran sang merah putih

Maju lah ayo maju… menyerbu… serbu

Tidak, kembali pulang

Sebelum, kita yang menang… pasti menang

Walau mayat terdampar di medan perang

Untuk bangsa, kami kan berjuang

Maju ayo maju ayo terus maju

Singkirkanlah dia… dia…dia

Kikis, habislah meeeeereka

Musuh negara..

Wahai kawanku

Prajurit sapta marga

Dimana engkau berada

Teruskan perjuangan para pahlawan

demi bangsa, kami kan berjuang..

  • Bagikan