Minggu, 28 April 2024

UIN Datokarama Palu Latih Mahasiswa Penerima Beasiswa KIP Kuliah

UIN DATOKARAMA PALU - Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, melatih kemampuan kepemimpinan mahasiswa penerima beasiswa program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah | Foto: Humas UIN DK Palu

PALU, KAIDAH.ID – Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, melatih kemampuan kepemimpinan mahasiswa penerima beasiswa program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, untuk menopang pembangunan kemampuan mahasiswa berusaha.

Rektor UIN Datokarama Prof. Dr. Lukman S. Thahir, menjelaskan, pembentukan jiwa kepemimpinan pada mahasiswa penerima KIP penting dilakukan, agar mahasiswa terbiasa mengelola kehidupannya, baik di lingkungan sosial maupun di lingkungan kuliah.

“Dengan demikian akan terbangun integritas mahasiswa, yang menjadi salah satu indikator untuk membentuk kepemimpinan,” kata Rektor Lukman S. Thahir.

Pelatihan kepemimpinan yang diselenggarakan oleh UIN Datokarama Palu, diperuntukkan bagi mahasiswa penerima beasiswa KIP Kuliah angkatan masuk tahun 2020.

Berdasarkan data panitia, sebanyak 200 peserta/mahasiswa penerima KIP Kuliah angkatan 2020, mengikuti pelatihan kepemimpinan yang berlangsung pada 23-25 Maret 2024.

Kepada mahasiswa penerima KIP Kuliah, Rektor menerangkan, siapapun yang menjadi pemimpin, dia makhluk pembelajar, bukan makhluk terpelajar.

Dengan demikian, kata Rektor, seseorang yang dalam jiwanya terdapat jiwa kepemimpinan, akan terus belajar.

“Pembelajar akan terus belajar. Belajar itu bukan proses selesai, melainkan proses berkelanjutan,” sebutnya.

Oleh karena itu, Rektor menekankan kepada mahasiswa agar terus belajar, dan jangan pernah merasa puas dengan ilmu pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh.

Rektor juga minta kepada mahasiswa penerima KIP, agar perbanyak bersyukur. Sebab, mahasiswa penerima KIP Kuliah menerima bantuan dana pendidikan dalam bentuk beasiswa senilai Rp6,6 juta per semester/orang, selama delapan semester jenjang strata satu.

“Maka, manfaatkan beasiswa tersebut dengan baik, untuk meningkatkan kompetensi intelektual dan keterampilan yang kalian miliki,” kata Prof. Lukman mengingatkan.

Rektor juga meminta kepada pengelola beasiswa program KIP Kuliah UIN Datokarama Palu, agar mengawasi dengan baik pemanfaatan beasiswa tersebut oleh penerima beasiswa.

Di samping itu, penyaluran atau distribusi beasiswa KIP Kuliah harus tepat sasaran.

Terkait hal itu, Ketua Pengelola Beasiswa Program KIP Kuliah UIN Datokarama Doktor Dr. Faisal Attamimi menjelaskan, pelatihan kepemimpinan dilaksanakan dengan tujuan mengembangkan kompetensi kepemimpinan yang dimiliki oleh mahasiswa penerima KIP Kuliah.

“Dengan begitu diharapkan, mahasiswa penerima KIP Kuliah dapat menerapkan kepemimpinan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sosial kemasyarakatan maupun di lingkungan kampus,” paparnya. (*)

Penulis: Muhammad Hajiji
Editor: Ruslan Sangadji