Sabtu, 24 Februari 2024

Puasa Ramadhan Dimulai 3 April 2022 Nanti

AWAL RAMADHAN - Jamaah masjid yang menunggu hasil sidang isbat penetapan awal Ramadhan 1443 Hijriyah | Foto: Ipul Latif/Kaidah

JAKARTA, KAIDAH.ID – Pemerintah Republik Indonesia memutuskan 1 Ramadhan 1443 Hijriyah tepat pada Ahad, 3 April 2022. Penetapan awal puasa itu disampaikan oleh Menteri Agama, Gus Yaqut pada konferensi pers, setelah sidang isbat, Jumat 1 April 2022.

“Berdasarkan dan metode hisab. kemufakatan pada sidang isbat, insya Allah 1 Ramadhan jatuh pada Ahad 3 April 2022,” kata Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

Menurut Menteri Agama, penetapan awal Ramadhan itu berdaarkan metode rukyatul hilal, yakni  melihat langsung keberadaan hilal, dan metode hisab dengan cara perhitungan.

“Tetapi dua metode ini bukan yang harus dipertentangkan, tetapi saling melengkapi, karena keduanya sama pentingnya. Seorang perukyat harus mengusai ilmu hisab pun sebaliknya. Pemerintah sejak lama menggunakan dua metode ini, karena saling melengkapi,” jelas Menteri Agama.

 Dia mengatakan Kementerian Agama menyebar para perukyat untuk melakukan rukyatul hilal di 101 titik di 34 provinsi di Indonesia.

“Dan Semuanya melaporkan tidak melihat hilal. Oleh karena itu,  berdasarkan hisab posisi hilal, belum memenuhi sudut 3 derajat maka secara mufakat 1 Ramadhan jatuh pada hari Ahad 3 April 2022,” tandas Yaqut Cholil Qoumas. (*)