Sabtu, 24 Februari 2024

Gubernur Cudy Minta Menteri ATR BPN Selesaikan Masalah Pertanahan di Sulteng

Gubernur Sulteng Rusdy Mastura bersama Bupati Poso Verna Gladys Inkiriwang dan dua tenaga ahli saat menemui Menteri ATR/BPN Tjahjanto di kantornya, Senin, 18 September 2023 | Foto: kiriman Ridha Saleh

JAKARTA, KAIDAH.ID – Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Rusdy Mastura, bersama Bupati Poso Verna Gladys Inkiriwang, menemui Menteri ATR/BPN RI Hadi Tjahjanto di Jakarta, Senin, 18 September 2023.

Dalam pertemuan yang berlangsung selama sejam tersebut, Gubernur Sulteng didampingi oleh Tenaga Ahli (TA) M. Ridha Saleh dan Rony Tanusaputra.

Dalam pertemuan tersebut, gubernur menyampaikan tiga agenda pertanahan, dan meminta agar ada percepatan penyelesaiannya.

Pertama, persoalan perizinan dan pemanfaatan tanah di wilayah Napu, Kabupaten Poso atau eks HGU PT. Sun Darby, yang saat ini hak penggunaannya dipegang oleh bank tanah.

Kedua, masalah 42 perkebunan dengan luas lebih kurang 400 ribu hektare, yang belum memilki HGU.

“Dan yang ketiga, percepatan redistribusi dan sertifikasi 400 hektare lahan di KPN kepada masyarakat,” kata TA Gubernur M. Ridha Saleh .

Gubernur Sulteng Rusdy Mastura menjelaskan, untuk eks HGU yang berada di Napu, sudah ada dua perusahaan pangan yang ingin mengembangkan agro bisnis, namun terkendala karena lahan tersebut atau HPL-nya dikuasai oleh bank tanah.

Gubernur berharap agar bank tanah tidak menjadi rezim birokrasi baru pertanahan, yang menghambat investasi dan pemberdayaan masyarakat.