Model Penularan Covid-19 di Palu Aneh

  • Bagikan

PALU – Penularan korona atau Covid-19 di Palu agak aneh. Kenyataan itu terlihat pada hasil uji swab terhadap sejumlah pejabat dan beberapa orang lainnya yang melakukan kontak dengan mereka yang terkonfirmasi positif.

Selama ini, yang diketahui banyak pihak, bahwa setiap orang yang telah melakukan kontak dengan pasien positif, akan ikut positif juga. Tetapi di Palu, kenyataan itu berbalik.

Sebut saja Bupati Sigi, Mohammad Irwan Lapata, menurut Juru Bicara Teknis Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulawesi Tengah, Dokter Jumriani, Bupati Sigi dan keluarganya terkonfirmasi negatif setelah melakukan uji swab pada Kamis, 11 Juni 2020.

“Ya, Pak Bupati Sigi dan keluarganya dinyatakan negatif,” kata Dokter Jumriani.

Tidak hanya itu, Wakil Bupati Parigi Moutong, Badrun Nggai, setelah menjalani tes swab, juga hasil negatif.

Beberapa pihak lainnya juga, berdasarkan hasil tes rapid, dikonfirmasi non reaktif. Kenyataan itu terlihat pada keluarga Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kota Palu, Irmayanti Pettalolo dan keluarga serta Ketua Ombudsman Sulteng, Sofyan Farid Lembah dan keluarganya.

Padahal, mereka yang disebutkan itu, telah melakukan kontak dengan orang-orang yang dinyatakan positif korona.

Bupati Sigi dan Wakil Bupati Parigi Moutong misalnya, telah melakukan kontak dengan mantan Danrem 132 Tadulako, Kolonel Inf. Agus Sasmita yang kini sedang dirawat karena dinyatakan positif korona.

Pun halnya dengan keluarga Irmayanti Pettalolo. Salah satu anggota keluarganya sekarang sedang dirawat, karena terkonfirmasi positif korona.

“Ya, saya dan keluarga non reaktif saat rapid,” kata Ermas Chintawan, suami Irmayanti Pettalolo.

Begitu juga dengan keluarga Sofyan Farid Lembah yang sebelumnya kontak dengan istrinya sendiri, Ratna Dewi Pettalolo yang juga sedang dirawat sekarang.

“Alhamdulillah, saya dan anak-anak negatif,” kata Sofyan Farid Lembah.

Entahlah, belum ada penjelasan teknis mengenai model penularan itu. Tetapi fakta yang terjadi saat ini, mereka yang sudah melakukan kontak dengan pasien positif, terkonfirmasi negatif sesuai hasil swab dan non reaktif berdasarkan hasil tes rapid. ***

  • Bagikan