Senin, 11 Desember 2023

Sungai Miu di Sigi, Potensi Dikembangkan untuk Wisata dan Olahraga Arung Jeram

ARUNG JERAM - Kelompok Arapaima Kayak sedang berlatih arung jeram di Sungai Miu, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah | Foto: Abal/Kaidah

SULAWESI TENGAH memiliki potensi sungai-sungai yang hampir merata di semua daerah, yang dapat dimanfaatkan sebagai wisata dan olahraga yang dapat memacu adrenalin. Satu di antaranya adalah Sungai Miu di Kabupaten Sigi.

Di Sungai Miu, kelompok petualang arung jeram Arapaima Kayak telah memanfaatkannya untuk wisata arung jeram. Sudah sangat sering kelompok tersebut menjejalinya.

“Kami sudah beberapa kali menantanh derasnya arus Sungai Miu. Kami berkesimpulan sungai ini sangat potensial dikembangkan,” kata Ketua Arapaima Kayak, Shadiq Maumbu, Senin, 16 Mei 2022.

Dia mengatakan, ia dan rekan-rekannya secara rutin berlatih arung jeram di Sungai Miu. Latihan itu menjadi penting, agar kelompoknya dapat mengenal dan lebih akrab dengan medan dan karakteristik Sungai Miu.

“Para penggiat olahraga arung jeram, perlu mengenal karakteristik sungai terlebih dahulu dan mempersiapkan seluruh perlengkapan keamanan diri yang baik,” kata dia.

Namun yang paling penting, katanya, adalah pengetahuan yang mendalam tentang olahraga arung jeram.

“Jadi, bukan sekadar naik perahu karet dan mendayung mengikuti derasnya arus sungai saja,” jelasnya.

Shadiq mengajak anak-anak muda yang
punya hobi olahraga arung jeram, agar dapat bergabung dengan komunitasnya.

“Kita berlatih bersama, dan berharap dapat menjadi atlet profesional yang membawa nama baik Sulawesi Tengah,” harapnya.

Shadiq juga berkeinginan mengajak anak-anak muda di Desa Pakuli, Tuwa dan di Tangkulowi agar dapat menjadi atlet arung jeram profesional.

“Di desa itu dilewati Sungai Gumbasa dan sungai Miu. Artinya, mereka akan lebih paham kondisi sungai tersebut. Maka kalau aktif berlatih, saya yakin mereka akan menjadi atlet yang dapat membanggakan Sulawesi Tengah,” ucapnya.

Sementara itu, Yeka Kusumajaya pelatih arung jeram Arapaima Kayak, mengatakan, potensi Sungai Miu memang cukup baik untuk olahraga tantangan tersebut.

“Saya melihat kemauan dan keinginan teman-teman di sini sangat baik. Terbukti mereka secara swadaya mau menyiapkan semua perlengkapan arung jeram dan terus berlatih meningkatkan kemampuan. Semoga semangat itu terus terjaga dan bisa menjadi atlet profesional,” tandasnya. (*)