Minggu, 14 Juli 2024

Ada 435 Masjid di Kota Palu yang Potensial Diberdayakan

DMI KOTA PALU - Suasana pelantikan Pengurus Daerah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Palu, Senin, 30 Mei 2022 di Lapangan Vatulemo | Foto: Kominfo DMI

PALU,.KAIDAH.ID – Ketua PD DMI Kota Palu Periode 2022-2027, Sirajuddin Ramly mengatakan, siap berkolaborasi dengan parapihak untuk memakmurkan umat di Kota Palu.

“Ada 435 masjid yang sangat potensial untuk diberdayakan dengan pembangunan kemakmuran umat,” katanya saat memberikan sambutan pada Pelantikan PD DMI Kota Palu, Senin, 30 Mei 2022 pagi.

Dengan begitu, kata Wadir Polairud Polda Sulteng itu, sinergisitas multi pihak menjadi hal penting dalam mengembangkan fungsi masjid yang bertujuan untuk memakmurkan umat.

Pengembangan fungsi masjid melalui visi besar memakmurkan dan dimakmurkan masjid, menurut Sirajuddin, sangat penting untuk meminimalisasi tiga masalah utama, yaitu keterbatasan pemahaman umat Islam terhadap fungsi masjid itu sendiri. Kemudian, minimnya sumber daya dalam manajemen kemasjidan, dan terbatasnya program yg dapat menyentuh pemberdayaan umat.

“Maka pengembangan fungsi masjid menjadi pendekatan yang tepat untuk minimalisasi tiga problem tersebut,” tandasnya.

Sementara itu, penceramah Ustadz Das’ad Latif dalam tablignya mengatakan, satu-satunya Ketua DMI di Indonesia yang berprofesi sebagai polisi, hanya di Kota Palu.

“Satu-satunya boss. Berpangkat AKBP lagi. Cuma ada di Kota Palu ji. Maka tugas Ketua DMI Provinsi Sulteng, agar jangan sampai Ketua DMI Kota Palu dipindahkan dari Palu,” kata Das’ad Latif. (*)