Minggu, 14 Juli 2024

Gunung di NTT Pindah Tempat dan Tutupi Jalan

GUNUNG BERGERAK - Gunung di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), bergerak dan menutupi akses jalan. Peristiwa itu terjadi pada Jumat, 17 Februari 2023 malam | Foto: ist

KUPANG, KAIDAH.ID – Gunung di Nusa Tenggara Timur (NTT), bergerak dan menutupi akses jalan timor raya yang menghubungkan Kota Kupang dengan Kabupaten lainnya di Pulau Timor, termasuk akses menuju Negara Timor Leste lumpuh total.

Gunung berpindah itu terjadi di Jalan Timor Raya, kilometer 72 Kelurahan Takari, Kecamatan Takari Kabupaten Kupang, Provinsi NTT pada, Jumat, 17 Februari 2023 malam.

Sejumlah video terkait lumpuhnya jalan tersebut, viral di berbagai platform media sosial.

Seorang perempuan yang merekam peristiwa itu, mengeluh harus melewati jalan mana. Tak hanya itu, perekam video juga mengatakan sebuah tronton terkubur dalam gunung tersebut.

Terlihat dalam video itu, warga berkumpul di depan gunung tersebut. Para warga heran dan bingung, mengapa gunung tersebut secara mendadak berada di sana (jalan).

Tak hanya itu, para warga juga bingung untuk melakukan aktivitas karena akses jalan yang tertutup rapat oleh adanya gunung itu.

Akibat itu, kendaraan yang seharusnya akan melewati jalan tersebut, akhirnya harus berputar balik karena belum ada akses jalan untuk melewatinya.

Sementara Kapolres Kupang AKBP FX. Irwan Arianto membenarkan adanya kejadian tersebut. Ia ia meminta pengguna jalan agar berhati-hati, karena saat ini pemerintah masih berkoordinasi membangun jalur alternatif.

“Ya, semalam kami menerima laporan dari Kapolsek Takari, bahwa ruas jalan Timor Raya tepatnya di kilometer 72 mengalami longsor,” kata Kapolres di Tribratanews.com, Sabtu, 18 Februari 2023.

Menurutnya, sejak longsor, pengusaha bersama masyarakat dan TNI-Polri, telah melakukan pembersihan longsoran yang menutupi jalan raya.

Namun karena longsor masih terus terjadi, sehingga pekerjaan itu harus berhenti pada dini hari. (*)