Sabtu, 20 Juli 2024

Tamu Haul Guru Tua Mulai Kembali. Wakil Ketua DPRD Malut Naik Kapal

Ketua IKAAL Malut Muhammad Abusama (kemeja kuning muda) dan Sekum IKAAL Malut Mujur Somadayo (kemeja biru tua) dan dua pimpinan Madin Alkhairaat saat foto bersama Cucu Guru Tua Habib Ali Muhammad Aljufri dan cicit Guru Tua Habib Muhammad bin Alwi Aljufri | Foto: IKAAL Malut

PALU, KAIDAH.ID – Sejumlah tamu Haul Habib Idrus bin Salim Aljufri atau Guru Tua, mulai kembali ke kampung halaman masing-masing.

Kepulangan tamu itu, mulai pada H+1 pelaksanaan Haul Guru Tua pada 3 Mei 2023 lalu.

Puncak kepulangan tamu Haul Pendiri Perguruan Islam Alkhairaat di Palu itu, terjadi pada Jumat, 5 mei 2023.

Mereka yang pulang itu, ada yang menggunakan pesawat maupun kapal laut KM. Labobar.

Sementara itu, rombongan abnaulkhairaat dari Provinsi Maluku Utara (Malut) akan berangkat pada Jumat, 5 Mei 2023 dengan menggunakan KM Labobar dari Pelabuhan Pantoloan.

Ketua IKAAL Malut Muhammad Abusama saat foto bersama dengan abnaulkhairaat Malut | Foto: ist

“Sesuai jadwal, insya Allah kami akan tiba di Ternate pada Ahad, 7 Mei 2023 pagi,” kata Ketua Ikatan Keluarga Alumni Alkhairaat Malut, Muhammad Abusama.

Muhammad Abusama yang juga Wakil Ketua DPRD Malut itu mengatakan, ia harus kembali ke Ternate dengan menggunakan kapal laut, karena memimpin rombongan haul.

Padahal seharusnya, sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku Utara, Muhammad Abusama bisa saja pulang ke Ternate dengan menggunakan pesawat.

Tetapi ia rela capek selama dua hari di kapal, karena menjaga kebersamaan dan soliditas sesama abnaulkhairaat.

“Ya saya berangkat bersama rombongan, maka pulang juga harus bersama rombongan,” kata mantan Ketua DPRD Halmahera Selatan itu.

Dia mengatakan, tidak masalah berada di kelas ekonomi KM Labobar, yang penting dapat bersama-sama dengan abnaulkhairaat lainnya.

Ketua IKAAL Malut Muhammad Abusama (kemeja putih) bersama abnaulkhairaat Malut saat silaturahmi dengan Syarifah Sida, putri Guru Tua di kediamannya | Foto: ist

“Rombongan yang saya bawa ini adalah para guru, pimpinan dan pembina Madrasah Diniyah Awwaliyah Alkhairaat (Madin) sebanyak 30 orang,” katanya.

Para guru, pimpinan dan pembina Madin Alkhairaat ini, telah mengabdi lama di Alkhairaat, namun belum pernah datang ke Palu untuk menghadiri Haul Habib Idrus bin Salim Aljufri.

“Maka IKAAL Malut berinsiatif untuk mengajak mereka, agar semakin menanamkan rasa cinta terhadap Alkhairaat,” ujar Muhammad Abusama.

WISATA RELIGI

Selama berada di Palu, rombongan IKAAL Malut ini bersilaturahmi dengan sejumlah tokoh Alkhairaat.

Begitu tiba di Palu pada 1 Mei 2023 lalu, Muhammad Abusama dan rombongan langsung menuju Masjid Alkhairaat untuk berziarah ke makam Guru Tua dan Shalat Ashar di masjid itu.

Selanjutnya, sowan dan melapor kepada Habib Ali bin Muhammad Aljufri, cucu Guru Tua.

Selanjutnya, silaturahmi dengan Pengurus Pusat IKAAL. Kemudian hadir pada malam rauhah di Masjid Alkhairaat.

Ketua IKAAL Malut Muhammad Abusama, Wakil Ketua IKAAL Malut Abubakar Abdullah dan jajaran pengurus, saat silaturahmi dengan PP IKAAL | Foto: ist

Setelah hadiri haul, rombongan bersilaturahmi dengan Syarifah Sida binti Idrus Salim Aljufri atau putri Guru Tua.

Selanjutnya ziarah ke makan Habib Saleh bin Muhammad Aljufri di Desa Beka, Sigi.

Dan terakhir, abnaulkhairaat pamitan dengan Habib Ali bin Muhammad Aljufri di bukit Asyabaalul Khairaat.

Sekretaris Umum PW IKAAL Malut Mujur Somadayo mengatakan, semua rangkaian itu adalah wisata religi untuk menghibur para guru, pimpinan dan pembina Madin Alkhairaat se Malut. (*)

Penulis: Ruslan Sangadji