Minggu, 14 Juli 2024

11 Tahun Ikasmada Palu, Momentum Peduli Lingkungan dan Energi Terbarukan

Salihudin bersama kawan seangkatan di Reuni Ikasmada Palu | Foto: ist

Catatan Ringan Salihudin
Alumni SMA Negeri 2 Palu Angkatan’92

Peringatan 11 tahun Ikatan Alumni SMA Negeri Dua Palu (Ikasmada) pada 18 November 2023, menjadi momen yang penuh semangat dan kebersamaan bagi ribuan mantan siswa, yang kini menjelma menjadi bagian dari komunitas alumni yang kokoh.

Acara ini tdk hanya menjadi ajang reuni, tetapi juga menjadi momentum untuk mengenang, merayakan prestasi dan merangkul nilai-nilai kebersamaan yang telah mempersatukan alumni sejak masa sekolah.

Puncak acara dimulai dengan semangat kebugaran melalui jalan sehat, diikuti oleh 3.000 peserta yang meramaikan jalanan Palu. Aktivitas ini mencerminkan semangat hidup sehat yang diusung oleh Ikatan Alumni SMADA Palu.

Kesehatan fisik dan jiwa menjadi fokus, mengingat pentingnya menjaga keseimbangan antara tubuh dan pikiran, terutama di tengah kesibukan kehidupan modern.

Rangkaian acara yang berlangsung hingga malam, menawarkan beragam kegiatan yang menarik, mencakup zumba untuk merangsang energi positif, dan lomba mewarnai sebagai bentuk apresiasi terhadap kreativitas anak. Aneka pertunjukan tari dari berbagai angkatan, juga memberikan sentuhan seni yang membangkitkan kenangan indah masa sekolah.

Acara pagi ini semakin memikat ketika artis Ibukota Ivan Seventeen, tampil menghibur para alumni. Momen ini tidak hanya memberikan hiburan, tetapi juga mempererat ikatan emosional antara alumni.

Tema peringatan tahun ini, “Gerakan Sehat Lingkungan dan Energi Terbarukan”, menjadi landasan bagi berbagai kegiatan yang diadakan.

Menurut Ketua Umum Ikasmada Palu Abdul Kadir Karding , dengan kepedulian terhadap lingkungan dan penekanan pada penggunaan energi terbarukan, para alumni berusaha memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan planet ini.

Inisiatif ini, menggambarkan kesadaran kolektif Ikasmada terhadap isu-isu global dan tanggung jawab sosial, sebagai bagian dari komunitas yang lebih besar.

Partisipasi angkatan alumni dari tahun 80 hingga 2017, menunjukkan keberagaman generasi yang terlibat dalam peringatan ini. Keberagaman ini mencerminkan warisan sekolah yang kaya, tempat tradisi dan nilai-nilai diajarkan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Melalui perbedaan dalam pengalaman sekolah, para alumni tetap bersatu dengan penuh kebanggaan akan almamater, SMADA Palu.

Menariknya, Ketua Umum Ikatan Alumni SMADA Palu, Abdul Kadir Karding, juga seorang anggota DPR RI, adalah alumni angkatan ’92. Keterlibatannya dalam dunia politik, menunjukkan pengaruh positif alumni dalam berbagai lapisan masyarakat dengan berbagai profesinya di tengah masyarakat.

Hal ini memberikan inspirasi bagi generasi muda yang masih sekolah, untuk tidak hanya meraih kesuksesan pribadi, tetapi juga berkontribusi pada perubahan positif dalam skala yang lebih luas.

Peringatan 11 tahun Ikatan Alumni SMA Dua Palu, tidak hanya menjadi perayaan nostalgia masa lalu, tetapi juga sebuah panggilan untuk bergerak maju bersama. semangat kebersamaan, kesadaran lingkungan, dan kontribusi positif menjadi pijakan untuk melangkah menuju masa depan yang lebih baik.

Dengan merangkul perbedaan dan menerapkan nilai-nilai yang telah dipelajari di sekolah, para alumni SMADA Palu membuktikan, ikatan kebersamaan tidak hanya berakhir di pintu gerbang sekolah, tetapi terus hidup dan berkembang seiring waktu. (*)

Bravo Ikasmada Palu !