Kamis, 29 Februari 2024

Gubernur Sulteng Pingsan Usai Ikut Kendi Nusantara di IKN

KENDI NUSANTARA - Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya saat berada di Ibu Kota Nusantara di Sepaku, Penajam Paser Utara | Foto: Biro Adpim Setprov Sulteng

SEPAKU, KAIDAH.ID – Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Rusdy Mastura dikabarkan pingsan, usai mengikuti proses ritual penyatuan tanah dan air di titik nol di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Senin 14 Maret 2022.

Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setprov Kalimantan Timur, Ivan Syafranudin membenarkan itu.

“Betul, beliau sempat pingsan tadi, tapi tidak sampai dibawa ke rumah sakit. Cukup ditangani saja di lokasi acara, karena peralatan kesehatan lengkap di sini,” katanya kepada kaidah.id, Senin siang.

Dia mengatakan, Gubernur Rusdy Mastura diduga capek dalam kegiatan Kendi Nusantara, karena ada beberapa rute yang harus berjalan kaki di tanjakan.

“Tetapi tim medis sangat siap dengan peralatan yang lengkap di sini, sehingga penanganannya cepat,” jelas Ivan.

Dia menjelaskan, tidak hanya Gubernur Sulteng yang kelelahan, tapi peserta lain juga terlihat lelah, selain karena cuaca di IKN yang panas dan para peserta harus berjalan kaki melewati tanjakan.

“Pingsan sebentar saja. Kelelahan kan naik tanjakan. Jadi maklum saja,” ujarnya.

Juru bicara Pemprov Kaltim menegaskan, meski para peserta kelelahan, tapi hanya Gubernur Rusdy Mastura saja yang pingsan. (*)