Senin, 22 April 2024

KM Labobar Terbakar Saat Berlayar Menuju Palu

KM LABOBAR - Kapal Pelni KM Labobar terbakar saat berlayar dari Pelabuhan Balikpapan menuju Pantoloan, Palu, Jumat, 3 November 2023 | Foto: tangkapan layar

PALU, KAIDAH.ID – Kapal KM Labobar, kapal milik PT Pelni dilaporkan terbakar saat berlayar dari Pelabuhan Balikpapan menuju Pantoloan, Palu pada Jumat, 3 November 2023. Ribuan penumpang panik dan sudah mengenakan life jacket untuk menyelamatkan diri.

Berdasarkan laporan polisi, penyebab kebakaran KM Labobar itu, diduga berasal dari puntung rokok penumpang yang dibuang ke tempat sampah.

“Puntung rokok yang masih menyala dibuang ke tempat sampah, kemudian sampahnya terguling dan menyambar foam di deck 7 kanan depan sehingga menyebabkan kebakaran,” tulis laporan tersebut pada Sabtu, 4 November 2023.

Kebakaran tersebut mengakibatkan beberapa fasilitas kapal ikut terbakar, yakni sekoci nomor 1, ILR, empat pintu kayu Hall A deck 7 kanan, lima buah kaca bulat, tiga kaca jendela kotak.

Kemudian dua buah kotak fire box, tiga buah kotak penyimpanan life jacket, dua set tanggal sekoci ikut terbakar.

Penumpang Kapal KM Labobar sudah mengenakan life jacket untuk menyelamatkan diri | Foto: tangkapan layar

Kerusakan juga terjadi pada pintu besi, tujuh unit lampu penerangan luar, tiga speaker toa, 180 buah life jacket, satu keran hydrant dan empat kursi taman luar.

Karena kejadian tersebut, saat kapal KM Labobar sandar di Pelabuhan Pantoloan, Palu, petugas dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pantoloan, Basarnas dan Pelni langsung melakukan pemeriksaan di atas kapal.

“Dari hasil pemeriksaan, tidak ada korban jiwa maupun korban luka dalam peristiwa tersebut. Mesin kapal juga tidak terganggu,” sebut laporan itu.

Bahkan, kapal KM Labobar juga masih tetap layak melanjutkan pelayaran menuju Pelabuhan Bitung. Hanya saja, pihak KSOP mengingatkan agar sekoci yang terbakar segera diperbaiki dan dicat kembali setelah tiba di pelabuhan Bitung.

Untuk alat keselamatan kapal yang berlayar pada sekira pukul 10.15 malam menuju Pelabuhan Bitung, oleh kapten kapal menyatakan masih layak.

Kapal yang berangkat dari Pelabuhan Balikpapan itu membawa sebanyak 2.673 penumpang. Dari jumlah itu, tercatat 1.139 penumpang turun di Pelabuhan Pantoloan, 196 orang berangkat dari Pantoloan menuju Bitung dan yang melanjutkan pelayaran dari pelabuhan sebelumnya sebanyak 1.477 orang. (*)