Hasan Bay dan Asghar Saleh Dipastikan Bertarung di Pilkada Kota Ternate

  • Bagikan
Mohammad Asghar Saleh, Bakal Calon Wakil Wali Kota Ternate | Kaidah/Dokumentasi Pribadi

JAKARTA – Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate, Muhammad Hasan Bay dan Mohammad Asghar Saleh, semakin memantapkan langkah untuk maju bertarung pada Pilkada Kota Ternate, Maluku Utara pada Desember 2020 mendatang.

Kepastian pasangan itu maju bertarung di Pilkada Kota Ternate, setelah menerima rekomendasi dari dua partai pengusung, yakni Partai Gerindra dan Partai Hanura.

Rekomendasi Partai Gerindra bernomor 06-753/Rekom/DPP-GERINDRA//2020 ditandatangani Ketua Umum Prabowo Subianto dan Sekretaris Jenderal Ahmad Muzani. Sedangkan rekomendasi Partai Hanura yang menunjuk pasangan Hasan Bay dan Asghar itu bernomor 070/B.3/DPP-HANURA/VI/2020, yang diteken Ketua Umum Oesman Sapta dan Sekjen Gede Pasek Suardika.

“Ya, itu benar, dan sekarang kami masih menunggu rekomendasi dari Partai NasDem. Semoga saja rekomendasinya jatuh ke tangan kami berdua,” kata Asghar Saleh yang juga Sekretaris Umum Partai NasDem Provinsi Maluku Utara itu, Ahad, 9 Agustus 2020 siang.

Copyan potongan Rekomendasi Partai Gerindra

Sebelumnya Partai NasDem telah memberikan rekomendasi kepada pasangan Tauhid Soleman dan Nursia. Harapannya, pasangan itu bisa menjalin koalisi dengan partai lain seperti PPP.  Namun, informasi yang dihimpun kaidah.id menyebutkan, partai berlambang Ka’bah itu justru telah memberikan rekomendasi kepada pasangan Yamin Tawary dan Abdullah Tahir.

Rekomendasi PP kepada pasangan Yamin Tawary itu bernomor 2636/KET/DPP/VIII/2020 yang ditandatangani Wakil Ketua Umum, Ermalena dan Sekjen PPP Asrul Sani. Dengan demikan, pintu koalisi bagi pasangan Tauhid Soleman dan Nursia itu dengan PPP telah tertutup.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum DPP Partai NasDem, Ahmad Ali mengatakan, pihaknya memberikan waktu kepada pasangan tersebut untuk mendapatkan rekomendasi dari partai lainnya. Jika sampai batas waktu itu tidak mendapatkan rekomendasi partai lain, DPP NasDem akan mencabut rekomendasi tersebut.

“Ya kita tunggu saja sampai batas waktu yang ditentukan itu. Jika tidak, saya perintahkan mencabut rekomendasi itu,” tegas Ahmad Ali di sela-sela silaturahim Korps Alumni HMI Provinsi Sulawesi Tengah di Palu, 5 Agustus 2020. *

  • Bagikan