Minggu, 14 Juli 2024

Wagub Berharap Tokoh Sulteng Dapat Terpilih Sebagai Komisioner KPU dan Bawaslu

SOSIALISASI - Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Ma'mun Amir saat membuka Sosialisasi Pendaftaran Seleksi Calon Anggota KPU dan Bawaslu 2022 - 2027 | Foto: Ochan/Kaidah

PALU, KAIDAH.ID – Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Ma’mun Amir berharap, ada putra putri terbaik Sulteng dapat terpilih sebagai anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) 2022 – 2027 nanti.

“Saya berkeinginan, semoga ada keterwakilan Sulteng, baik di KPU maupun Bawaslu nantinya,” kata Wakil Gubernur saat membuka Sosialisasi Pendaftaran Seleksi Calon Anggota KPU dan Calon Anggota Bawaslu Masa Jabatan 2022 – 2024, Jumat, 12 November 2021 siang.

Harapan itu, kata Wakil Gubernur, karena Sulteng sukses melaksanakan Pilkada Desember 2019 lalu. Pilkada berlangsung aman dan lancar tanpa hambatan.

“Dengan demikian, ke depan tidak hanya komisioner Dewi Pettalolo saja, tapi ada putra putri terbaik lainnya yang mengikuti jejak itu,” kata Wagub.

Pendaftaran calon anggota KPU dan Bawaslu sudah dimulai pada 18 Oktober 2021 dan akan berakhir pada 15 November 202 mendatang.

Tim seleksi akan memilih 14 orang calon anggota KPU, kemudian diserahkan ke Presiden, selanjutnya presiden meneruskan ke DPR RI untuk dipilih menjadi tujuh orang.

Sedangkan Bawaslu, tim seleksi akan memilih 10 orang, selanjutnya diserahkan ke Presiden, dan diteruskan ke DPR RI untuk dipilih lima orang.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan oleh Badan Kesbangpol Provinsi Sulawesi Tengah yang dipimpin Fahrudin D. Yambas. *