Senin, 22 April 2024

KPK Temukan Uang Puluhan Miliar dan 12 Pucuk Senjata Api di Rumah Dinas SYL

Ilustrasi uang dolar dan senjata api | Foto: ist

JAKARTA, KAIDAH.ID – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku, telah menemukan uang puluhan miliar rupiah, dari penggeledahan di rumah dinas Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo (SYL) pada Kamis, 28 September 2023.

Uang puluhan miliar itu, dalam bentuk rupiah dan mata uang asing. Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri tidak merinci jenis mata uang asing tersebut.

KPK, kata dia, juga menyita sejumlah dokumen yang diduga terkait dengan kasus yang sedang ditangani oleh lembaga anti rasuah.

“dokumen seperti catatan keuangan dan pemberian aset bernilai ekonomis. Serta dokumen lainnya yang terkait dengan perkara. Ditemukan juga barang bukti elektronik,” sebut Ali Fikri, Kamis, 29 September 2023.

Menurut dia, pihak KPK akan menganalisis semua temuan dari penggeledahan di kompleks perumahan Widya Chandra, Jakarta Selatan tersebut.

“Kita analisis dulu, untuk kemudian menjadi barang bukti dalam perkara yang sedang ditangani saat ini,” katanya.

Tim penyidik KPK juga menemukan 12 senjata api dari berbagai jenis. Ali mengatakan penyidik telah menyerahkan temuan itu ke Polda Metro Jaya untuk pemeriksaan legalitasnya.

Temuan itu diserahkan ke kepolisian karena tidak terkait langsung dengan perkara korupsi di Kementerian Pertanian.

“Karena yang kami lanjutkan untuk dianalisis adalah yang berkaitan langsung dengan perkara,” kata dia.

Selain itu, KPK juga telah menggeledah kantor Kementerian Pertanian RI di Ragunan, Jakarta Selatan pada Jumat tadi.

TAHAP PENYIDIKAN

Ali Fikri menjelaskan, KPK juga telah menetapkan tersangka kasus dugaan korupsi di Kementan. Namun belum menyebutkan nama tersangkanya.

“Kami pastikan telah menetapkan pihak sebagai tersangka. Namun identitas tersangka akan kami sampaikan ketika penyidikan ini cukup,” tandas Ali Fikri. (*)