Kamis, 29 Februari 2024

Pamit pada Presiden di Istana, SYL: Mohon Maaf

Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat bertemu Presiden Jokowi di Istana Negara pada Ahad, 8 Oktober 2023 petang | Foto: ist

JAKARTA, KAIDAH.ID – Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara. SYL tiba di Istana sekira pukul 18.35 WIB. Ia mengenakan batik warna coklat, dan bertemu dengan Presiden yang didampingi Pratikno di salah satu ruangan di Istana Negara.

Pada pertemuan tersebut, SYL menyampaikan terima kasih dan sekaligus berpamitan kepada Presiden Jokowi.

“Saya mohon maaf, karena tidak dapat membantu Bapak (Presiden) hingga akhir masa jabatan,” kata SYL di hadapan Presiden Jokowi.

Sebagai wujud tanggung jawab kepada Presiden, SYL juga melaporkan beberapa capaian kinerjanya selama menjadi Menteri Pertanian RI 2019-2023.

Selama menjabat, katanya, tercatat ada 71 penghargaan dan apresiasi yang diterima Kementerian Pertanian dari 2019-2022.

“Segala penghargaan yang saya terima selama jadi menteri, sesungguhnya adalah penghargaan untuk Bapak Presiden,” kata mantan Gubernur Sulawesi Selatan itu.

Pun halnya dengan kinerja sebagai menteri, jika itu berhasil, kata SYL, sejatinya itu adalah prestasi Presiden.

“Saya hanya melanjutkan visi dan misi Bapak Presiden agar pertanian RI lebih maju, dan masyarakat mendapatkan manfaat,” ujarnya.

Sedangkan, jika ada kesalahan selama menjadi Menteri Pertanian, itu adalah tanggung jawab dirinya yang menjalankan jabatan tersebut.

Terkait proses hukum yang sedang berjalan ini, SYL menyampaikan, ia akan menghadapinya. Dirinya akan kooperatif, sebagai wujud penghormatan terhadap hukum yang berlaku.

CAPAIAN KINERJA

Selama menjabat sebagai menteri, SYL telah melakukan perbaikan sejumlah data dan beberapa hal mendasar di bidang pertanian.