Senin, 22 April 2024

OJK Goes to Campus Beri Pemahaman Keuangan Mahasiswa UIN Datokarama Palu

OJK - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Goes to Campus | Foto: Humas UIN Datokarama Palu

PALU, KAIDAH.ID – Kepala Perwakilan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Gamal Abdul Kahar, mengatakan, pihaknya telah menggandeng pihak Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, untuk melaksanakan literasi keuangan kepada masyarakat termasuk mahasiswa di kampus itu.

“Kami akan terus berupaya membangun pemahaman masyarakat tentang keuangan dengan pendekatan literasi lewat program OJK Goes to Campus,” kata Gamal Abdul Kahar, Selasa, 19 Oktober 2021 di Kampus UIN Datokarama Palu.

Menurut Gamal, OJK berkewajiban masyarakat menyampaikan kepada masyarakat sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 114 tahun 2020, dan itu menjadi hak bagi masyarakat untuk mengetahui tentang keuangan.

“Nah, Program Goes to Campus yang merupakan tindak lanjut dari pencanangan bulan inklusi keuangan  2021, bertujuan agar masyarakat dan pemuda termasuk mahasiswa memahami tentang keuangan,” kata Gamal.

Dia mengatakan sesuai dengan Peraturan Presiden nomer 114 tahun 2020, maka OJK menargetkan, pada 2024 nanti tercatat sudah 90 persen masyarakat telah memahami tentang keuangan dan produk-produk industri jasa keuangan.

“Literasi ini bertujuan meningkatkan pemahaman masyarakat, maupun pemahaman tentang produk industri jasa keuangan. Nantinya, tidak akan mudah terperdaya oleh penawaran dan iming-iming perusahaan yang tidak bertanggung jawab,” ujarnya.

Rektor UIN Datokarama Palu, Prof Dr Sagaf Pettalongi merespon Program OJK Goes to Campus itu.  Mahasiswa,  menjadi satu komponen yang rentan diperdaya dengan industri keungan yang tidak bertanggung jawab.

“Maka kehadiran OJK dengan Program Goes to Campus diharapkan akan mampu meminimalisir potensi investasi bodong dan sejenisnya itu,” kata Rektor.

Kegiatan Goes to Campus, kata Rektor, untuk literasi keuangan yang diklakukan OJK, memberikan dampak positif, yaitu agar mahasiswa memiliki pengetahuan langsung dari OJK. Bahkan, mahasiswa dapat mengetahui tentang perlindungan dalam transaksi keuangan dan transaksi yang aman, serta kemudahan dalam transaksi perbankan dengan sistem online yang aman dan nyaman. *