Kamis, 29 Februari 2024

Ketua PPK Ditangkap Bawa Ganja, Kaos Paslon 03 dan Amplop Berisi Uang

Sumber foto: Historia

JATENG, KAIDAH.ID – Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Wonogiri, Jawa Tengah berinisial HFZ, ditangkap polisi Karena membawa ganja yang dia ambil di kantor ekspedisi barang di Selogiri, Wonogiri.

Celakanya, saat menggeledah mobil HFZ, polisi menemukan sejumlah kaos bergambar capres/cawapres nomor urut 3, Ganjar-Mahfud, dan amplop berisi uang senilai Rp63 juta.

Pelaku mengaku, amplop berisi uang itu dia terima dari Toto Sihsetyo Adi, seorang komisioner KPU Kabupaten Wonogiri.

“Saat kami menggeledah di dalam mobil untuk mencari barang bukti, kami dapati kaos-kaos bergambar paslon 03 dan sejumlah uang di dalam tas dan di dalam amplop-amplop coklat, nilainya Rp63 juta,” kata Kapolres Wonogiri AKBP Indra Waspada seperti dari inilah.com, Ahad, 11 Februari 2024.

Karena menemukan kaos bergambar Paslon 03 dan amplop berisi uang, akhirnya kepolisian menggandeng Bawaslu setempat, untuk mengusut dugaan pelanggaran pemilu yang dilakukan pelaku HFZ dan anggota KPU Kabupaten Wonogiri.

“Tersangka mengaku uang pemberian salah satu Komisioner KPU. Ya sudah, kita gandeng Bawaslu untuk mendalami, karena ada kemungkinan dugaan pelanggaran Pemilunya,” tutur dia.

Kapolres menjelaskan, penangkapan yang dilakukan pada Jumat, 9 Februari 2024, setelah menerima informasi dan langsung melakukan penyelidikan.

Setelah mendapatkan kepastian informasi tersebut, polisi langsung mengamankan tersangka ke tempat aman, kemudian meminta pelaku membuka bungkusan paket yang baru saja diambilnya dari jasa ekspedisi barang.

“Tersangka akhirnya membuka bungkusan dan mengakui bila dirinya telah membeli ganja dari seseorang di Jakarta yang akan dikonsumsi sendiri,” katanya.

Dalam penangkapan tersebut, petugas mendapati barang bukti satu paket ganja sebanyak 107,9 gram, satu paket ganja sebanyak 5,83 gram.

Sementara itu, Ketua KPU Wonogiri, Satya Graha, mengatakan HFZ sudah menyatakan mengundurkan diri sebagai anggota sekaligus Ketua PPK Wonogiri.

KPU Wonogiri langsung melakukan pergantian antarwaktu (PAW) anggota dan ketua PPK Wonogiri. Agung Jumari yang sebelumnya lolos seleksi sebagai cadangan dilantik sebagai anggota PPK Wonogiri. (RTS*)