Rabu, 24 April 2024

Siapa Saja Keturunan Tombolotutu

TOMBOLOTUTU - Presiden Jokowi telah menetapkan Tombolotutu sebagai Pahlawan Nasional dari Sulawesi Tengah | Foto: ist

TOMBOLOTUTU telah dianugerahi Pahlawan Nasional melalui Keputusan Presiden (Kepres) Nomor: 109/TK/2021 Tentang Penganugerahan Pahlawan Nasional.

Keputusan Presiden itu telah diumumkan secara resmi oleh Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, dalam konferensi pers yang disiarkan langsung melalui YouTube Channel Kemenko Polhukam, Kamis, 28 Oktober 2021. 

Untuk mengetahui keturunan Raja Tombolotutu hingga sekarang, kaidah.id sempat merekamnya dari sumber Andi Mulhanan Tombolotutu:

  1. Anak pertama dari Tombolotutu dan Pua Darawati bernama  Kuti Tombolotutu atau  Datu Pamusu.
  2. Datu Pamusu menikah dengan Andi Magi, melahirkan satu orang anak bernama Siti Sania.
  3. Siti Sania, dinikahkan dengan anak Raja Banawa, Laparenrengi Lamarauna (ayahnya almarhum Ardjad Lamarauna, mantan Bupati Donggala)
  4. Anak ke 2 dari Tombolotutu bernama Andi Aksa Tombolotutu, yang dinikahkan dengan Siti Ramlah Sunusi.
  5. Pernikahan Andi Aksa Tombolotutu dan Siti Ramlah itu melahirkan Mastuti, Hairunur, Andi Mulhanan Tombolotutu (Wakil Wali Kota Palu dua periode) dan Datu Pamusu Tombolotutu (kepala Pelaksana BPBD Sulteng).
  6. Anak ke 3 dari Tombolotutu bernama Abdul Madjid Tombolotutu, yang dinikahkan dengan Siti Zulaika Tiangso.
  7. Pernikahan Abdul Madjid dan Siti Zulaika Tiangso itu melahirkan Syamsurizal Tombolotutu (Bupati Parigi Moutong sekarang).
  8. Anak ke 4 dari Tombolotutu bernama M. Darjat Tombolotutu, menikah dengan Zaitun Mardjun (tante dari Longki Djanggola, mantan Gubernur Sulteng dua periode)
  9. Anak ke 5 dari Tombolotutu adalah Siti Rafiah, yang menikah dengan Marzuk Butudoka
  10. Anak ke 6 dari Tombolotutu adalah Maksum Tombolotutu yang menikah dengan Yusuf Djavara (asal Gorontalo). Dari pernikahan itu lahirnya Ilmawati Djavara, Mirna, Mus, Ivan dan Eni Yusnita)
  11. Kuti Tombolotutu atau Datu Pamusu ini menikah lagi dengan Haji Pangale, melahirkan H. Muhammadin Tombolotutu, Salah saeorang istrinya bermarga Borman,  yang dikarunia beberapa orang anak, di antaranya bernama Mahdan.
  12. Adik dari Muhammadin Tombolotutu bernama Badaruddin Tombolotutu, menikah dengan Ani Kangiden (Jawa Tondano – Jaton) dan sekarang tinggal di Tondano
  13. Kuti Tombolotutu atau Datu Pamusu juga menikah dengan Madawara Borman, namun tidak dikaruniai anak.

(Mohon maaf jika ada kekeliruan dalam silsilah ini)