Hari Ini Presiden Melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah

  • Bagikan
Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng akan dilantik hari ini oleh Presiden Jokowi di Istana Negara | Foto: istimewa

JAKARTA, KAIDAH.ID – Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdi Mastura dan Ma’mun Amir dilantik sore ini di Istana Negara. Presiden Joko Widodo dijadwalkan melantiknya pada pukul 15.00 WIB atau jam 4 sore waktu Palu.

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono telah mengonfirmasi jadwal pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng itu. Melalui pesan singkat dia mengatakan pelantikan dilaksanakan hari ini sesuai jadwal.

“Dilaksanakan jam 15.00 WIB,” katanya singkat.

Pelantikan yang berlangsung di Istana Negara itu dilangsungkan dengan menerapkan protokol kesehatan. Para tamu dan undangan juga dibatasi jumlahnya.

Mereka yang diundang ke Istana Negara itu, pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur bersama istri, hanya dibolehkan didampingi oleh maksimal dua anak. Para menteri yang diundang juga sangat terbatas, Sekprov Sulteng dan Ketua DPRD Sulteng.

Rusdi Mastura dan Ma’mun Amir, terpilih pada Pilkada Desember 2020. Dan ditetapkan sebagai pemenangan pada 22 Januari 2021 dengan mearih 891.334 suara, mengalahkan pasangan Mohammad Hidayat Lamakarate – Bartholomeus Tandigala yang memperoleh 604.033 suara.

Pasangan Rusdi Mastura dan Ma’mun Amir ini dicalonkan oleh koalisi partai yang sangat banyak, yakni Partai NasDem, Partai Golkar, PAN, Hanura, PKB, Perindo, PKS, PPP dan Partai Garuda.

Gubernur Rusdi Mastura sebelumnya pernah menjabat sebagai Wali Kota Palu dua periode. Pilkada 2015 lalu, mencalonkan diri menjadi Gubernur Sulteng, namun kalah dari Longki Djanggola. Tahun 2020, kembali mencalonkan diri, melawan rivalnya Mohammad Hidayat Lamakarate.

Sedangkan Ma’mun Amir, pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Banggai 2001 – 2005, dan menjadi Bupati Banggai 2005 – 2011. Usai menjabat sebagai Wakil Bupati Banggai, Ma’mun Amir mencalonkan diri sebagai anggota DPD RI tahun 2014.

Ramai orang Sulawesi Tengah, mulai dari tim sukses hingga sejumlah kepala desa, berangkat ke Jakarta untuk ikut dapat euphoria pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah. Meski mereka tahu tidak akan bisa hadir di Istana Negara, tetapi kabarnya, usai pelantikan akan diadakan acara syukuran di salah satu hotel di Jakarta.

Akhirnya, selamat menjalankan amanah rakyat untuk Gubernur Rusdi Mastura dan Wakil Gubernur Ma’mun Amir. (ochan)

  • Bagikan