Senin, 22 April 2024

ROA eStore Promosi dan Jual Produk Petani Sulteng

Aktivitas di Roa eStore Palu | Foto: Roa/Kaidah

PALU, KAIDAH.ID – Relawan untuk Orang dan Alam (ROA) Palu, salah satu lembaga yang konsern terhadap pengembangan usaha komunitas, resmi mendirikan sebuah badan usaha yang dinamakan ROA eStore sejak 2019 lalu.

Pendirian badan usaha ROA Estore itu, sebagai upaya membangun kembali semangat berusaha komunitas masyarakat yang terdampak bencana 28 September 2018 lalu.

Direktur ROA Mochammad Subarkah, mengatakan inisiasi membangun usaha ROA eStore merupakan salah satu langkah membantu komunitas usaha yang berada di desa dampingan. Komunitas itu  membutuhkan sebuah gerai yang dapat membantu mempromosikan produk mereka, sekaligus memasarkannya.  

“Gerai ini, salah satu jawaban untuk turut membantu komunitas dampingan, menjadi solusi bagi masalah dan hambatan yang kerap mereka alami. Ini merupakan bagian dari upaya tanggap terhadap masukan dari komunitas dampingan ROA,” jelas Subarkah.

Gerai tersebut telah menampung beberapa produk, di antaranya seluruh olahan kelapa seperti minyak kelapa, minyak kelapa murni atau biasa dikenal dengan sebutan virgin coconut oil, cocopeat dan cocofiber termasuk sabun berbahan baku minyak kelapa murni, serta ampas kelapa sebagai salah satu bahan untuk pakan ternak.  

Selain olahan kelapa dan turunannya, juga tersedia produkk kerajinan berbahan baku rotan, kakao dan kopi yang dapat dinikmati di kedai kopi serta minuman herbal.