Menag Lantik Rektor UIN Datokarama Palu. Saudara Sukses Karena Kritikan, Bukan Karena Pujian

  • Bagikan
REKTOR UIN DATOKARAMA - Prof Dr. Saggaf S. Pettalongi, MPd resmi menjadi Rektor UIN Datokarama Palu setelah dilantik oleh Menteri Agama RI, Jumat, 1 Oktober 2021 | Foto: Humas UIN Datokarama Palu

“Saudara-saudara akan terselamatkan dari kesalahan dan kekeliruan, karena mendengarkan saran dan kritikan, bukan karena sanjungan dan pujian,” kata Menag.

PALU, KAIDAH.ID – Prof. Dr. Saggaf S. Pettalongi, M.Pd resmi menjadi Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, setelah dilantik oleh Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, Jumat, 1 Oktober 2021. Pelantikan itu berlangsung secara virtual, karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Pelantikan terhadap Prof. Dr. Saggaf S Pettalongi, M.Pd itu, bersamaa pula dengan pelantikan empat Pejabat Eselon I dan lima rektor PTKIN lainnya di lingkungan Kementerian Agama.

Sebelumnya, Prof. Saggaf S Pettalongi adalah Rektor IAIN Palu. Namun selama masa jabatannya, ia berhasil membawa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu menjadi Universita Islam Negeri Datokarama Palu.

Alih status kelembagaan itu tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 61 Tahun 2021, yang diundangkan dan mulai berlaku sejak tanggal 12 Juli 2021.

Atas alih status itu dan sesuai dengan Peraturan Menteri Agama Nomor 17 Tahun 2021 Tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Agama Nomor 68 Tahun 2015, Tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Rektor/Ketua Perguruan Tinggi Keagamaan yang Diselenggarakan oleh Pemerintah.

Dengan begitu, Prof Saggaf S Pettalongi MPd secara otomatis menjadi Rektor UIN Datokarama Palu tanpa melewati pemilihan oleh senat dan langsung dilantik oleh Menteri Agama RI.

  • Bagikan