Kamis, 28 Maret 2024

Pertemuan Menlu Negara Anggota OKI Bahas Kemerdekaan Palestina

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi | Foto: BY-NC-SA 2.0

Selain komunikasi tingkat menteri, Menlu Retno mengatakan, pembicaraan  yang lebih tinggi lagi, pada tingkat pemimpin atau leaders juga telah dilakukan.

“Presiden Joko Widodo  juga melakukan komunikasi dengan sejumlah pemimpin yang juga membahas situasi Palestina,” kata Menlu Retno.

Dalam komunikasi tersebut, katanya,  Presiden Jokowi  juga membahas tindak lanjut dari ASEAN Leaders Meeting dan juga proses perdamaian Afghanistan.

“Dan dapat saya sampaikan bahwa menindaklanjuti komunikasi tiga pemimpin di Asia Tenggara yaitu Presiden RI, PM Malaysia dan Sultan Brunei Darussalam, maka Indonesia-Malaysia-Brunei Darussalam telah sepakat untuk mengeluarkan pernyataan bersama  mengenai sikap ketiga negara tersebut terhadap situasi Palestina saat ini,” jelas Menlu Retno.

Menurut dia, pernyataan bersama itu telah dibahas pada tingkat Menteri Luar Negeri bahwa akan dikeluarkan pada malam ini juga.

“Pantau melalui tweet Presiden RI dan kemungkinan kita juga akan masukkan di dalam website atau tweet Kemenlu, retweet dari apa yang nanti disampaikan Presiden RI,” kata Retno. (ochan)