Kamis, 18 Juli 2024

Prabowo Menang di NU, Anies Unggul di Muhammadiyah

Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Anies Rasyid Baswedan | Foto: info grafis kaidah

JAKARTA, KAIDAH.ID – Tiga bakal calon Presiden RI, bersaing ketat dalam perebutan suara pemilih dari dua organisasi Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah.

Berdasarkan hasil survei terbaru LSI Denny JA, Prabowo Subianto unggul di NU, sedangkan Anies Baswedan berhasil unggul di Muhammadiyah.

Ardian Sopa, penelitis dari lembaga itu menyebutkan, 36,2 persen warga NU memilih Prabowo Subianto. Kemudian yang memilih Ganjar sebanyak 35,5 persen dan yang memilih Anies 17,9 persen.

Sedangkan di Muhammadiyah, Prabowo hanya mendapatkan 20,8 persen memilih, 33 persen memilih Ganjar dan 45,2 persen memilih Anies.

“Di NU Prabowo bersaing dengan Ganjar, unggul sangat tipis. Sedangkan, di Muhammadiyah, Anies menang telak,” kata Ardian, Selasa, 19 September 2023.

LSI Denny JA juga melakukan survei pemilih dari ormas-ormas Islam lain dan non ormas.

Hasilnya, pemilih dari ormas lain dan non ormas, menetapkan pilihannya pada Prabowo Subianto dan mengalahkan dua pesaingnya, Ganjar dan Anies.

Hasil survei LSI Denny JA menyebutkan, sebanyak 29,8 persen memilih Prabowo, 14,5 persen memilih Ganjar dan 19,9 persen memilih Anies.

Sedangkan, pemilih dari non ormas sebanyak 43,1 persen memilih Prabowo, 35,8 persen memilih Ganjar dan 18,2 persen memilih Anies.

LSI Denny JA melakukan survei tersebut kepada 1.200 responden pada periode 1-8 Agustus 2023.

Dari responden itu, sebanyak 56,9 pemilih menyatakan bagian dari NU dan 5,7 persen pemilih menyatakan bagian dari Muhammadiyah.

Sedangkan, tiga persen menyatakan mereka merupakan pemilih dari ormas-ormas Islam lain. Dan 33,8 persen tidak tergabung dalam ormas apapun. (*)