Brigjen Abdul Rakhman Baso, Polisi Humanis Yang Jadi Kapolda Sulteng

  • Bagikan
Brigadir Jenderal Polisi Abdul Rakhman Baso, Kapolda Sulawesi Tengah yang baru | Foto: Kaidah/Dokumentasi Pribadi

JAKARTA – Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia melakukan mutasi besar-besaran di tubuh Polri. Kapolda Sulawesi Tengah yang dijabat oleh Inspektur Jenderal Polisi Syafril Nursal, digantikan oleh Brigadir Jenderal Polisi Abdul Rakhman Baso.

Lantas siapa Kapolda Sulawesi Tengah yang baru itu? Berdasarkan beberapa sumber, Brigadir Jenderal Polisi Abdul Rakhman Baso yang saat ini sebagai Wakil Kepala Korps Brimob Mabes Polri itu, adalah lulusan Akademi Kepolisian Tahun 1988.

Brigadir Jenderal Abdul Rakhman Baso dikenal sebagai seorang polisi yang tegas dan humanis. Sikapnya itu, terlihat jelas ketika menjabat Kapolrestabes Bandung tahun 2012 silam. Ketika itu, terjadi aksi unjukrasa besar-besaran di depan Gedung Sate, Bandung, Abdul Rakhman Saleh menolak mengerahkan pasukan untuk melawan para pengunjukrasa.

Ketika itu, penulis menyaksikan langsung, Abdul Rakhman Baso justru memerintahkan ribuan pasukan gabungan dari Polda Jawa Barat, Polrestabes Bandung dan Brimob, untuk duduk bersimpuh di jalan raya sembari berzikir. Ketika itu, ia sadar betul, bahwa para pendemo yang juga para mahasiswa itu adalah adik-adik dan rekannya sendiri sehingga sangat tidak mungkin harus diperlakukan dengan keras.

Para pengunjukrasa yang terdiri dari aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Gema Keadilan dibuat terperangah karena itu. Mereka kaget, karena ternyata pasukan yang dipimpin Abdul Rakhman Baso itu, tidak bertindak semena-mena terhadap pengunjukrasa yang beringas dan memancing emosi aparat ketika itu.

Akhirnya, para pengunjukrasa pun terdiam, Penyampaian aspirasi mahasiswa itu berakhir damai tanpa ada anarkisme dan kekerasan dari polisi. Bahkan tak ada tembakan gas air mata ke arah mahasiswa.  

Berikut sejumlah jabatan pernah  diemban jenderal kelahiran Agustus 1963 itu: 

  1. Pernah menjabat Kasat Brimob Polda NTT (2001)
  2. Kasat Brimob Polda Sultra (2002)
  3. Wadir Samapta Polda Lampung
  4. Kasat Brimob Polda Sumsel
  5. Kasat Brimob Polda Jabar (2010)
  6. Kapolrestabes Bandung (2012)
  7. Analis Kebijakan Madya bidang Brimob Korbrimob Polri (2013)
  8. Karoops Polda Sumbar (2014)
  9. Kabagops Korbrimob Polri (2015)
  10. Danpas Pelopor Korbrimob Polri (2017)
  11. Wakil Komandan Korbrimob Polri (2018). *
  • Bagikan