Rabu, 24 Juli 2024

Sulteng dan Kaltara Teken Kerja Sama Pembangunan

KERJA SAMA - Kerja sama antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dan Kalimantan Utara | Foto: Admin Prov

PALU, KAIDAH – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Kalimantan Utara (Kaltara), telah sepakat bekerja sama di bidang pertambangan, jasa konstruksi dan properti.

Kerja sama yang diteken bersama antara PT Benuanta Kaltara Jaya (Perseroda) dan PT Pembangunan Sulteng (Perseroda) itu, disaksikan oleh gubernur kedua provinsi tersebut, Rusdy Mastura dan Zainal Arifin Paliwang, pada Jumat, 13 Mei 2022 malam di Hotel Santika Palu.

Penandatanganan kerja sama tersebut sebagai tindak lanjut pembicaraan kedua pimpinan daerah dalam acara Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Pulau Dewata, Bali beberapa waktu lalu.

“Kerja sama ini terbilang cepat karena baru minggu lalu saya dan Gubernur Sulteng membahasnya saat bertemu pada forum Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Bali,” kata Zainal Arifin Paliwang.

Gubernur Kaltara mengapresiasi langkah Sulawesi Tengah melakukan kerja sama-kerja sama dengan berbagai daerah.

Dengan kerja sama ini diharapkan menjadi cikal bakal pembentukan forum kerjasama strategis pemerintah daerah se kawasan Selat Makasar yang lahir dari pemikiran Gubernur Rusdy Mastura.

“Karena tiap daerah tidak bisa mencukupi kebutuhannya sendiri maka mau tidak mau harus bekerjansama dengan daerah lain misalnya Sulawesi Tengah,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Sulteng Rusdy Mastura mengatakan dengan kerja sama tersebut bisa membuat kedua daerah berkembang pembangunannya.

Bahkan Gubernur Sulteng menyebutkan Provinsi Kaltara bisa tumbuh seperti Batam, mengingat letaknya strategis dan berbatasan langsung dengan Malaysia Timur (Sabah dan Sarawak).

Direktur Utama PT Pembangunan Sulteng, Leomirnandi Karamoy mengatakan, pihaknya segera menindaklanjuti kerja sama yang telah disepakati tersebut.

“Kita segera menyusun langkah-langkah strategis dan teknis untuk menindaklanjuti kerja sama yang baru diteken bersama ini,” sebut Andi Karamoy, sapaan akrab Dirut Perseroda Sulteng itu. (*)