Jumat, 02 Desember 2022

Bawaslu Tolitoli Menerima 169 berkas Pendaftaran Calon Anggota Panwascam

PANWASCAM - Tim Bawaslu Tolitoli sedang menerima pendaftaran calon anggota Panwascam | Foto: Humas Bawaslu Tolitoli

TOLITOLI, KAIDAH.ID – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tolitoli telah menerima 169 berkas calon pengawas pemilu tingkat kecamatan atau Panwascam.  

“Hingga hari terakhir pendaftaran, Selasa, 27 September 2022, kami telah menerima sebanyak 169 berkas pendaftaran yang diterima baik secara langsung, melalui email, dan pos kilat yang keseluruhannya tersebar di sepuluh kecamatan,” kata Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, Data, dan Informasi Bawaslu Tolitoli, Rustam Datuamas kepada kaidah.id, Rabu, 28 September 2022.

Dia merinci, dari seluruh berkas yang diterima tersebut, Kecamatan Baolan menjadi kecamatan dengan jumlah pendaftar terbanyak, yaitu 34 pendaftar, kemudian Kecamatan Galang sebanyak 26 pendaftar, Kecamatan Basidondo dengan 21 pendaftar, Kecamatan Dampal Utara dan Dondo dengan jumlah 16 pendaftar, disusul Kecamatan Ogodeide 15 pendaftar, Dampal Selatan dan Tolitoli Utara 12 pendaftar, Kecamatan Dako Pamean 10 pendaftar dan terakhir Kecamatan  Lampasio sebanyak 7 pendaftar.

“Selanjutnya,  kami akan melakukan penelitian kelengkapan berkas pendaftaran terhadap semua berkas yang diterima dari hari pertama pendaftaran hingga hari terakhir,” terangnya.

Tahapan penelitian kelengkapan berkas pendaftaran akan berlangsung hingga 30 September 2022. Sedangkan untuk pengumuman hasil penelitian berkas administrasi akan diumumkan pada 12 Oktober 2022, tanggapan dan masukan masyarakat 12-18 Oktober, tes tertulis 14-16 Oktober, pengumuman hasil tes tertulis 17 Oktober, tes wawancara 18-22 Oktober, dan pengumuman hasil tes wawancara 25 Oktober 2022.

“Tetapi untuk Kecamatan Dondo dan Dampal Selatan, akan diperpanjang hingga 8 Oktober 2022, karena  rendahnya minat kaum perempuan yg mendaftar. Hanya satu orang perempuan  di dua kecamatan itu,” tandasnya. (*)