Presiden Jokowi Bilang Digitalisasi Penting untuk Pemulihan Ekonomi Nasional

  • Bagikan
PRESIDEN JOKOWI - Presiden Jokowi dalam pidatonya di Kongres 21 ISEI menekankan pentingnya digitalisasi untuk mendorong ekonomi nasional | Foto: tangkapan layar zoom

“Digitalisasi ini penting untuk mendorong perekonomian daerah dan pusat agar terus tumbuh,” kata Presiden.

JAKARTA, KAIDAH.ID – Sinergi antara pemangku kepentingan dan digitalisasi sangat krusial dalam rangka transformasi struktural ekonomi nasional, terutama untuk mendorong percepatan pemulihan ekonomi akibat dampak pandemi Covid-19. Presiden Jokowi menegaskan itu saat berpidati pada acara Pembukaan Kongres ke 21 Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) dan Seminar Nasional 2021, Selasa, 31 Agustus 2021 pagi di Jakarta.

“Sinergi adalah kunci dalam percepatan ekonomi,” kata Presiden Jokowi, sembari berharap agar para ekonom dan akademisi, khususnya yang tergabung di ISEI, untuk dapat memberikan gagasan segar memperkuat proses pemulihan ekonomi nasional.

Digitalisasi, kata Presiden, untuk mendukung pemulihan ekonomi, khususnya melalui penerapan one single submission (OSS) untuk menyederhanakan proses perizinan dalam membuka usaha di Indonesia.

“Digitalisasi ini dapat membantu pengembangan badan usaha milik petani, membuka akses pemasaran melalui kemitraan dan penyederhanaan akses pembiayaan. Jika itu dilakukan, ekonomi di daerah dan pusat terus tumbuh,” kata Presiden.

  • Bagikan